Tips Mudik Ala Gue

Siapa diantara kalian yang sekarang sedang merantau? Kalo diantara kalian ada yang merantau, kalian sama seperti kedua orang tua gue yang merantau ke ibukota. Ketika kalian merantau, pasti ada saat dimana kalian rindu dengan kampung halaman atau rindu dengan rumah. Nah, biasanya rindu itu pun dibalas dengan cara kita pulang ke rumah.

Waktu yang biasa digunakan untuk pulang ke rumah adalah ketika lebaran dan kita sering menyebutnya itu mudik. Ya, dua kosakata atau satu kata itu sudah sering didengar ketika mau lebaran. Gue sendiri, karena orang tua gue adalah anak rantau, jadi mau gak mau harus mudik. Lagi pula, kakek dan nenek gue semuanya masih ada di kampung. Yakali kan gak mudik.

Gak tahu kenapa, setiap memasuki bulan puasa itu yang kepikiran di dalam benak gue adalah mudik. Ya, pulang kampung. Pokoknya salah satu motivasi gue berpuasa adalah karena nanti mau pulang kampung. Ada rasa kesenangan tersendiri di diri gue ketika mau pulang kampung.

Dan gue baru sadar kenapa gue senang ketika mudik: gue orangnya suka jalan-jalan. Ya, aslinya gue itu orangnya suka bosan di suatu tempat. Mau pergi gitu setiap harinya ke tempat baru. Tapi, bagaimana caranya? Gue masih sekolah. Kewajiban gue sekolah. Yakali gue setiap hari jalan-jalan kemana gitu. Mau jadi apa gue nanti kalo gak sekolah? Emang sih, sekolah itu gak penting. Tapi, apakah sekolah udah pasti gak penting? :)

Ngomongin mudik, gue setiap tahun itu pasti mudik ke suatu kota di Jawa Timur, yaitu Caruban atau Madiun. Biasanya gue mudik menggunakan kendaraan pribadi dari Jakarta. Kenapa gak naik kendaraan umum kayak kereta, bus atau pesawat? Enggak. Kayaknya lebih asyik aja gitu mudik naik kendaraan pribadi. Ya, walaupun kadang macet, tapi itu lah kesan tersendiri dari mudik.

Ada pengalaman yang paling parah ketika gue mudik, yaitu ketika mudik tahun lalu. Entah karena emang liburnya barengan atau gimana, gue di jalan yang biasanya bisa ditempuh 12 – 20 jam, tahun lalu itu sampai 3 hari 2 malam. Gak usah dibayangin gimana gue di jalan, pokoknya udah buluk banget. Tapi, kalo gue gak gitu, gue gak dapet pengalaman baru. Iye gak?

Kali ini, gue mau kasih ke kalian tips apa aja yang harus kalian siapin sebelum mudik karena mulai hari ini udah banyak beberapa kantor yang sudah libur atau banyak karyawan yang sudah bolos.


Harus Punya Kampung

Ini adalah hal yang paling penting. Sebelum lo mudik, pasti kan lo harus punya kampung dahulu. Kalo lo gak punya kampung, mau ngapain mudik? Mau kemana mudiknya? Ketemu siapa? Jadi, fardhu ain hukumnya kalian harus punya kampung sebelum mudik.

Beli Tiket Dari Jauh Hari

Buat kalian yang mudik dengan transportasi umum, gue sarankan untuk membeli tiket dari jauh-jauh hari karena kalo mepet gak bakalan dapet. Tapi, tak jarang ada kendaraan tambahan di hari itu yang tiba-tiba dijual. Setau gue sih yang suka kayak gitu bus. Walaupun ada kendaraan tambahan, lebih baik kita pesen tiket dari jauh-jauh hari bukan? Biar udah tenang.

Cek Kendaraan

Kalo kalian mudik dengan kendaraan umum, gak usah cek kendaraannya. Biar crew kendaraannya aja yang ngecek. Kalo lo yang ngecek, kerajinan banget. Tapi, buat yang mudik dengan kendaraan pribadi, ini wajib banget dilakukan. Mulai dari cek mesin, oli, sampai ban. Semuanya harus disiapin secara matang supaya nanti bisa tinggal dimakan. Kan udah matang. #LAH.

Jaga Kondisi Tubuh

Kendaraan udah dirawat, tubuh lo pun juga harus banget dirawat. Apa? Gak ada yang ngerawat? Jomblo ya? Santai si, gue juga jomblo. Gak usah lebay, deh! Tapi, sakit juga sih kalo ngeliat orang pacaran hehe.

*ditimpukin jomblo*

Jaga kondisi tubuh itu penting karena bila kita sakit di jalan, itu adalah hal yang paling gak enak sedunia. Gue pernah waktu mudik naik kendaraan umum dan lagi gak enak badan. Di jalan gue muntah-muntah. Gak enak deh pokoknya.

Bawa Uang Receh Yang Banyak

Ketika mudik ini juga harus kalian siapin karena biasanya toilet umum di jalur mudik itu selalu bayar. Nah, biar kalian gak bingung bayarnya gimana, maka siapin lah uang receh sebelum mudik. Ya, siapin minimal uang 2.000 rupiah sebanyak sepuluh lembar. Kalo kalian beser alias gampang kebelet, bawanya dua puluh lembar.

Jangan Pake Baju Yang Ribet dan Menarik Perhatian

Jangan pernah sekali-kali pake baju yang ribet ketika mudik. Walaupun lo seorang model pakaian yang ribet, tetep jangan digunakan ketika mudik karena nantinya bisa ngeribetin diri lo sendiri dan juga orang lain.

Selain itu, jangan lupa juga untuk tidak pake pakaian yang menarik perhatian seperti baju seksi misalnya. Kan kasian nanti pengemudi jadi gak fokus lalu berujung dengan kecelakaan.

Waspada

Terakhir adalah lo harus wajib kudu musti waspada karena kejahatan itu selalu ada dimana-mana. Apalagi di jalur mudik. Pasti banyak. Jadi, kalian harus meningkatkan tingkat kewaspadaan supaya gak ada barang kalian yang hilang. Apalagi kalo kalian punya pacar, harus dijaga, takutnya nanti diambil orang. Kalo yang jomblo, hatinya dijaga karena takutnya nanti hatinya disakiti.

***

Nah, itu lah tips-tips dari gue. Buat kalian yang ada tips lagi, bisa langsung tambahin aja di kotak komentar di bawah postingan ini. Bingung komennya? Pake anonim juga bisa. Jadi, jangan bingung. Kalo bingung, pegangan aja.


Sekian dan terima kasih. Tetep jaga keselamatan anda di jalur mudik karena keluarga menunggu anda di rumah. *kayak iklan di pinggir jalan*.

Sumber gambar: google.

19 comments:

  1. Mudik emang hal yang di tunggu-tunggu setelah puasa. Berharap bisa menjalankan solat ied di kampung halaman dan berkumpul dengan sanak saudara.
    Kadang ada rasa sedih karna gak bisa mudik hikss.

    Tipsnya keren haha. Btw saya mau nambahin, karna saya mudik ke padang dan biasanya menggunakan kendaraan umum yaitu bus. Ditambah cewek itu ribet haha biasanya saya bawa topi, ini buat di atas kapal laut kalo tbtb pas di kapal lagi panas teriknyaaa. Terus bawa body lotion dan segala macem printilan cwek hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali. Di perjalanan balik setelah mudik pun rasanya juga sedih. :')

      NAH, TIPS YANG BAGUS BUAT PARA CEWEK-CEWEK. Setuju gue sama ini. :D

      Delete
  2. Belum pernah ngerasain gimana ribetnya mudik, tapi sepertinya mudik ke kampung halaman sangat menyenangkan, apalagi ketemu sama temen2 yang udah lama engga ketemu.

    oh iya sekedar tambahan untuk tips mudik bagi yang naik kendaraan pribadi, bawalah kantong plastik sampah buat nyimpen sampah kalian sendiri, soalnya aku masih sering nemuin para pemudik yang suka buang sampah seenaknya di pingir jalan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa, sangat lah menyenangkan karena kembali ke kampung halaman.

      SETUJU BANGET SAMA LO! KARENA KITA GAK BOLEH BUANG SAMPAH SEMBARANGAN :)

      Delete
  3. Rumah memang tempat kita pulang. Tempat dimana mudik menjadi suatu hal yg wajib. Gue belum bisa melakukan tips2 diatas, karena gue bukan anak rantau, lebih tepatnya belum~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gue juga belum jadi anak rantau. Yang udah itu orang tua gue hehe. :)

      Delete
  4. Tips yang sungguh gaul dan bermanfaat.

    kalo lo bosen diem di suatu tempat terus, ya jalan lah tiap weekend. bukan berarti tiap hari ke lokasi baru. edan aja tiap hari. ahaha. sekolah tu penting bro. aseeek.

    kalo saran gue, mending tips yg 'pastikan punya kampung' disimpen di belakang deh. soalnya kocak aja gtu menurut gue. punchline gitu. ehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. GAULL.

      Iyaa, sekolah itu penting. :)

      Hmm, makasih, ya, atas sarannya. Gue gak tahu kalo itu punchline dan ini gue nulis post gak terstruktur. :D

      Delete
  5. kudu dicatet banget ya "punya kampung halaman", lucu juga gapunya kampung halaman tp ikut-ikutan mudik. Aku sendiri tiap tahun pasti mudik sih, hmmm tapi jalur mudikku berkebalikan sama orang-orang jakarta. Jadi kalo orang jakarta/ jawa barat dan sekitarnya mudik ke timur akunya mudik ke barat. So, ga pernah ngerasain macet yang bener-bener sampe berhari-hari.
    Tapi kayanya tahun ini ga separah tahun kemaren ya emang. Kalo tahun kemaren rata-rata emang sampe berhari-hari gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak apa-apa sih aslinya gak punya kampung halaman ikut mudik. Kali aja untuk liburan gitu. :)

      Iya, tahun ini lebih mendingan tetapi tetep aja macetzzz.

      Delete
  6. Bener banget wkwk tips yang "Bawa Uang Receh Yang Banyak". Pernah ampe kagak jadi ke kamar mandinya grgr ada orang yg nungguin tulisan 2000, udah mana kagak bawa duit:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. HAHAHAHAHAHA. Sedia payung sebelum hujan. Sedia uang receh sebelum ke toilet umum. :D

      Delete
  7. Hahaha, masuk akal harus punya kampung karena mudik berasal dari udik, mudik artinya kembali ke asal, dan umumnya kampung.

    Mungkin untuk tip nya mo nambahin satu aja. Istirahat jika kelelahan, karena kadang ada orang yang mudik maksain diri udah tahu ngantuk tapi tetep aja terus jalan. Padahal kalo udah kayak gitukan mending istirahat dulu aja, kan kalo mudik lebaran ato natal tahun baru banyak pos2 mudik yang disediakan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali.

      Yaap, tips yang bagus karena rawan kecelakaan juga maksain diri padahal udah capek. Jadi, sebaiknya istirahat bila lelah. :)

      Delete
  8. Hm.. menarik ya tips tipsnya. Orangtua lu ya yang rantau, nanti ketika lu melanjutkan pendidikan atau kerja jauh dari orangtua, bakal ngerasain bahwa mudik itu lebih emosional. Rasanya gimana? Tiap orang pasti punya pengalaman berbeda, nanti rasain aja :)

    Btw itu kenapa dua kosakata atau satu kata? Bukannya kosakata = kata?

    Terus ini => Emang sih, sekolah itu gak penting. Tapi, apakah sekolah udah pasti gak penting? :) <= Jadi sekolah itu gak penting apa pasti gak penting?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, pasti nanti beda rasanya karena yang ngerasain sekarang itu orang tua gue.

      Maksudnya?

      Maksud gue yang itu, banyak yang bilang sekolah itu gak penting tapi apakah sekolah udah pasti gak penting? Gitu. :)

      Delete
  9. Kalo mau mudik emang jangan pernah pake pakaian yang ribet, apalagi kalo mudiknya naik bus atau naik kereta, pasti bakal sumpek banget. Kecuali kalo mudiknya ke Paris, baru deh sebebasnya lo mau pake baju kek apa, biar kesannya fashionable gitu hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. HAHAHA. Benar sekali. Apalagi pake pakaian yang ribet itu pas kena macet, bener-bener sumpek, deh. :D

      Delete
  10. Kebeneran. Biasanya menjelang lebaran itu lagi penuh-penuhnya penjualan tiket. Ya kita sebagai pemudik memang seharusnya harus sudah memesan tiket dari jauh-jauh hari. Kalo gue sih, biasanya 2-3 bulan sebelum hari H gue mudik. Jadi semua udah aman terkendali.

    ReplyDelete

Buat kalian yang mau komentar, silahkan saja, mau panjang apa pendek. Kalo lo mau komentar pake anonymous, harap jangan spam. Kasian sama yang lain.

Dan yang terpenting adalah jangan jualan di kotak komentar blog gue, terutama jualan yang gak penting kayak alat vital atau video bokep. Lebih baik elu tulis link blog lo daripada jualan.

Komentar kalian sangat gue butuhkan. So, komen aja yaa. Terima kasih. :)