Ingin Melakukan Perubahan

Selamat malam. Kalo kalian bacanya siang, tetep selamat malam karena tulisan ini muncul di blog gue pas malam. Jadi, kemarin adalah hari dimana rapot bayangan diambil. Bukan, rapotnya bukan dalam bentuk bayangan, tetapi dalam bentu kertas tetapi disebutnya rapot bayangan karena rapotnya masih belum pasti. Masih bisa berubah. Tapi, gak bisa berubah buat jadi superhero.

Ketika ambil rapot bayangan, bukan gue yang ambil tetapi nyokap gue. Sesampainya di kelas gue, nyokap gue antri buat beli minyak, eh, salah, maksudnya buat nungguin ambil rapot ke wali kelas gue. Gue pun menunggu nyokap gue di depan kelas bersama teman-teman sekolah gue.

Waktu nyokap gue berhadapan dengan wali kelas untuk mengambil rapot, gue pun agak nguping sedikit sama apa yang mereka bicarakan. Ternyata, ada juga orang tua murid dari temen gue yang ambilnya berbarengan sama nyokap gue.

Yang gue denger sedikit adalah ucapan wali kelas gue yang bertanya ke kedua orang tua murid yang ada di depannya, “Apakah anak Ibu pacaran?”

Gue pun langsung menjauh, maksudnya gak nguping lagi gitu karena kuping gue gatel. Tak berapa lama kemudian, nyokap gue pun keluar dan gue langsung pulang. Di perjalanan, gue pun bertanya ke nyokap apa yang mereka obrolkan tadi di kelas.

“Bu, tadi ngobrolin apaan? Kok ada pacaran-pacarannya?” tanya gue penasaran.
“Enggak, tadi wali kelas nanya. Terus kata wali kelas, pacaran di SMA itu gak penting. Gak butuh banget. Pokoknya, pacaran di SMA itu sia-sia. Pelajaran di sekolah yang awalnya cuma 14 bisa jadi 18,” jawab nyokap.
“Maksudnya?”
“Ya, contohnya kayak baru ngerjain PR (Pekerjaan Rumah) sebentar, ada chat dari pacar, ‘Udah makan belum?’ atau ‘Lagi ngapain?’ Gitu.”

Setelah itu, gue pun langsung berfikir dan menyadari. ‘Emang bener, sih,’ gumam gue dalam hati. Kemarin-kemarin, ketika gue pacaran, pasti gue jadi sibuk banget. Bukan sibuk dengan hal yang berguna tetapi gak ada gunanya. Kayak misalnya sibuk begadang cuma buat telponan sama pacar. Daripada begadang untuk melakukan itu kan lebih baik begadang untuk belajar atau baca sesuatu atau nonton video di YouTube yang berguna.

Sumber gambar: Pinterest.

Btw, untuk youtube, sekarang gue lebih suka menonton video yang bermanfaat seperti channel-nya Kok Bisa?, National Geographic, Ruangguru, dan yang menurut gue bermanfaat lainnya. Apalagi, karena gue masih kurang dalam berbahasa Inggris, gue jadi lebih suka nonton video Bahasa Inggris. Bagi kalian yang ada rekomendasi channel Youtube yang bermanfaat bisa langsung komentar aja di bawah. :)

Beberapa waktu yang lalu, aslinya gue udah menyadari tentang apa yang gue lakukan sekarang. Karena gue sekarang udah kelas 3 SMA, udah mau memasuki tahapan yang namanya real life atau kehidupan yang sebenarnya. Gue pun gak mau menyesal di belakang. Maka dari itu, akhir-akhir ini gue mau mencoba membuat perubahan di diri gue.

Apalagi, setelah melihat nilai rapot bayangan yang diambil kemarin, gue jadi semakin mau fokus untuk akademik gue. Dan jika ingin berkarya, gue mau fokus di salah satu tempat untuk gue berkarya. Jadi, gue mau fokus sama satu hal yang menurut gue gampang untuk dilakukan dan itu passion gue.

Kalian lah yang membaca ini akan menjadi saksi perubahan gue. Gue sekarang jadi mau memperdalam ilmu agama dan gue sekarang gak tau kenapa tiba-tiba gak mau pacaran dulu. Pokoknya mau bertaubat. Sekarang gue udah punya tujuan mau kemana nanti setelah SMA dan mau ngapain. Gue juga udah punya satu wanita idaman gue, bisa jadi secret admirer yang gue tulis di postingan sebelum ini, bisa jadi tidak. Pokoknya gue gak terlalu fokus dulu buat cari cewek hihi. :D

Selain dalam diri gue, gue cuma mau fokus untuk blog gue ini. Mulai minggu depan, kalian akan membaca cerita kehidupan gue di blog ini dari gue kecil sampai sekarang. Kenapa gue mau nulis itu? Karena awalnya itu adalah ide buku gue tetapi karena nulis di buku itu belum tentu dibaca dan dibeli lebih baik gue gratisin aja tulisan gue supaya kalian bisa baca di waktu luang dan bisa baca sebebas-bebasnya tanpa harus mengeluarkan biaya.

Bismillahirahmanirohim, gue mau taubat, berubah dan fokus dengan apa yang gue mau di masa depan. Semoga aja gak ada hambatan atau hal yang menghalangi perubahan gue ini. Aamiin.

Buat kalian, apakah ada rencanya untuk berubah juga? Apa sih perbuahan yang mau kalian lakukan? Yuk silahkan cerita-cerita aja di kolom komentar di bawah postingan ini. Terima kasih dan semangat! Semoga kalian sukses! Aamiin.

44 comments:

  1. berubahlah ke arah yang lebih baik ya

    ReplyDelete
  2. Bagus tuh kalau dari remaja sudah fokus untuk belajar, kelak pasti bakal jadi orang yang lebih baik lagi. :D
    Semangat terus ya!

    ReplyDelete
  3. Moga istiqomah...
    Iyah gak perlu pacar2an...banyaj yg gak bertahan lama. Bikin capek ati *pengalaman

    ReplyDelete
  4. Aamiin mas.. semoga terlaksana perubahannya menjadi lebih baiknya mas.. saya dulu juga pernah melakukan perubahan tapi pas jaman kuliah mas

    ReplyDelete
  5. wah keren nih... semoga istiqomah yak, betewe itu rapot udah kayak terminal aja ya, ada bayangannya...

    ReplyDelete
  6. Saat ini belum kepengen berubah sih masbro. Jalannya udah bener hehehe. Berubah menjadi lebih baik memang harus ya. kalau berani sih keluar dari zona nyaman dan mencoba hal yang baru

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah udah bener. :D Ya, coba aja keluar dari comfort-zone jadi kampret-zone. :D

      Delete
  7. pas gue smp-sma gak pernah tuh diambilin raport sama ortu. wqwq...

    btw, lanjutin terus curcolnya dah.

    ReplyDelete
  8. Bener banget kita harus berubah. Kalau yang buruk buang, pokoknya harus smakin baik

    ReplyDelete
  9. wah wah ada yang mau tobat nih ceritanya. Awas bro banyak halangan dan rintangan untuk merubah semuanya. AKan tetapi, klo ada niat dan gerakan insyallahbisa berubah menjadi lebih baik

    ReplyDelete
  10. Kirain mau fokus belajar...ternyata fokus belajar karena ada satu cewek itu buat masa depan.

    Wkkwk..

    Kalo kata Drama Korea yang aku tonton,
    "Janganlah kamu fokus terhadap satu orang saja, karena itu berarti beban buat dia."

    Wkkwk...entah bener ato engga..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Fokus belajar, Kak. :D

      Intinya tuh fokus belajar bukan fokus buat seseorang. Fokus untuk cita-cita dan cita-cita itu mencakup segala hal, kayak seseorang gitu. :)

      Delete
  11. aku juga mau melakukan perubahan, kalau bisa ngurangin tidur, hu um. kayaknya porsinya kebanyakan deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebanyakan tidur gak baik. Nanti jadi gak ngantuk. :)

      Delete
  12. Bagus donk berubah...

    Masa depan emang jauh didepan..tapi melangkah mulai hari ini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, tapi kalo berubah jadi power ranger, hari ini sudah bisa. :)

      Delete
  13. Siapakah wanita yg difokusin itu? Kalau udah kelas 3 mah mikir lulus terus lanjutin pendidikan dulu. Kalau kamunya kece, cewek jg cepet deket kok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang. Fokus untuk menggapai cita-cita. Dan cita-citanya itu mencakup segala hal, salah satunya adalah wanita. Gitu. :)

      Delete
  14. Lah kirain udah lulus. Hahah. Gw baru denger ham ada rapot bayangan, btw. Yah kalo pun pacaran semoga ga ganggu belajar dan hal penting lainnya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum HAHAHA. Emang gak di semua sekolah ada rapot bayangan. Aamiin. :)

      Delete
  15. Wakwkwk, semoga tetep dijalan yang lurus ya,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Tapi, kalo abis belok kan bisa lurus lagi. :D

      Delete
  16. Semoga komitmen ya buat berubah ke arah yang lebih baiknya. Kalau aku ada rencana sih mau ngerubah pola kerja dan pola tidur biar lebih produktif :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Semoga kakak Perempuan November juga bisa tercapai ya rencananya. :)

      Delete
  17. berubah...ciattt hehehe
    alhamdulillah..semoga berubah ke arah yang makin baik
    moga lulus dengan nilai yg bagus
    dapat kuliah di univ yg diincar plus cewek yg diincar hehehe

    klu sy karena udah ibu rumah tangga mau berubah apalagi ya
    paling biar makin rajin masak ga beli lauk mulu hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin aamiin aamiin. Big thanks buat doanya hehe. :)

      Iya, karena masakan seorang istri itu biasanya di mata suami wah. #HalahSokTauAjaSayaMahPadahalSMAAjaBelumLulus

      Delete
  18. Ilham, jangan dulu tobat. sMA pake buat bandel dulu aja :-)

    Menurut gue pisahin antara cerita yg mau lu tulis di buku dan cerita yg mau lu tilis di blog.
    Pasarnya beda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaa, itu mah Kak Andhika, kan. :D

      Oalah begitu, oke deh, kak. Siaapp!

      Delete
  19. Dih bang Dhika orang mau tobat mah suruh bandel dulu, EH TAPI BENER SIH NYAHAHAHA XD

    Tapi ya Ham, idup ya idupmu sih. Bagus tuh malah berubah, tapi kalau taubat mah gausah pacaran sekalian, biar paripurna. Duh, semangat ya Ham. Semoga sesuai dengan apa yang diharapkan dan usahanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Santai santai HAHAHA.

      Iyaa kak, siapa yang mau pacaran, kak. Lagi libur dulu, kak. Semangat juga, kak! Aamiin. :)

      Delete
  20. Enaknya tuh fokus sama apa yang mau dicapai. Kalau belajar tetep itu harus fokus utama. Ibarat kata harus seiring sejalan. Mau fokus pacaran ya gapapa asal ga ganggu belajar karena pacaran yang baik tidak menganggu belajar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa benar sekali. Harus seimbang karena hidup memang harus seimbang. Perahu aja kalo gak seimbang bisa tenggelam. :)

      Delete
  21. kebenran bacanya malem nih jadi pas deh hehe.. aku mau rekomendasiin channel youtube ku sendiri deh siapa tau kapan-kapan mau belajar masak juga bisa mampir ke channel aku ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wew keren, masak-masak, ya. Kalo masak ikan paus bisa gak, ya? :D

      Delete
  22. Berubah memang memerlupkan niat yang sangat kuat. Semangat.

    ReplyDelete

Buat kalian yang mau komentar, silahkan saja, mau panjang apa pendek. Kalo lo mau komentar pake anonymous, harap jangan spam. Kasian sama yang lain.

Dan yang terpenting adalah jangan jualan di kotak komentar blog gue, terutama jualan yang gak penting kayak alat vital atau video bokep. Lebih baik elu tulis link blog lo daripada jualan.

Komentar kalian sangat gue butuhkan. So, komen aja yaa. Terima kasih. :)