Raditya Dika Yang Kumal

Di akhir bulan kemarin, gue yang bingung mau ngapain, langsung buka twitter aja. Sebelumnya, buat lo yang belum follow twitter gue, bisa follow, @ilhamkusumaning. Jangan pernah follow twitter gue terus minta follback. Kenapa? Karena follback itu sesuka hati orang bro. Temen gue aja ada yang follow gue terus gak gue follback. Emangnya kalo gue follback dia gue jadi tambah ganteng gitu? Emangnya kalo gue follback dia dosa gue berkurang gitu? Enggak.

Maka dari itu, gue pun hanya mem-follback beberapa orang aja. Kalo lo cantik dan follow gue, kemungkinan besar pasti gue follback. Pasti. Iya, pasti, makanya ubah ava twitter dulu jadi cantik baru nanti gue follback. Tapi, jangan pake editan. Sama aja boong kalo gitu.

Ketika gue lagi buka twitter, gue ngeliat twit dari salah satu penggunan twitter. Dia ini adalah orang yang selalu menghina para jomblo. Dia ini bisa dibilang raja alay, karena semua tulisan alay, pasti bisa dia baca. Dan dia ini kalo potong rambut seringnya dibotak. Tau? Kalo gak tau, coba aja tanya mbah gugel. Pasti tau.

Dia adalah Raditya Dika. Tau gak? Apa? Enggak?! Baguslah kalo begitu. Jadi, kurang lebih isi twit-nya itu tentang PRE ORDER buku barunya dia yang berjudul 'Koala Kumal'. Salah satu dari kalian ada yang ikut PRE ORDER? Ada? Baguslah kalo begitu.

Disini, gue mau nge-review tuh buku. Sebelumnya, gue salut sama orang-orang yang rela nungguin PRE ORDER bukunya Radit dari jam 12 malem. Gue tau, pasti niat lo semua begadang biar dapet kaos kan? Iya kan? Selamat deh buat lo yang dapet.

Awalnya, gue juga niat buat dapet tuh kaos karena cuma 1000 orang aja yang dapet kaos. Sisanya enggak. Tapi, waktu itu gue capek banget dan akhirnya, ketiduran sampe pagi. Jadi, gak dapet kaos. Gak apalah, yang penting dapet bukunya yang ditanda tanganin sama dia. :D

Gue pun memesan buku itu di hari Minggu, 21 Desember 2014 di toko buku online yaitu BukaBuku. Jujur aja, setelah beli buku lewat online, entah kenapa gue jadi pengin beli buku lewat online aja. Kenapa? Rumah gue jauh dari toko buku dan harga di toko buku sama online, murahan lewat online. Bayarnya bisa COD pula. :)

Setelah memesan, hari Rabu kemarin buku itu pun sampai di rumah gue. Saat itu, yang menerima bukan gue tetapi nyokap gue. Gue lagi asyik tertidur lelap. Bangun dari tidur setelah mimpi lagi berenang bareng personil JKT48, gue kaget, tiba-tiba ada amplop cokelat. Gue liat dan ternyata amplop itu ditujukan ke gue dan isinya adalah buku 'Koala Kumal'.

Waktu itu, gue udah titip duit ke nyokap bahwa kalo ada paket buku, bayar pake duit yang gue kasih. Ya, gue beli pake uang sendiri. Uang dari hasil enggak jajan selama seminggu penuh. Seminggu cuma gigit jari doang di sekolah, gak jajan.

Kali ini, gue akan me-review buku itu. Mau baca review gue? Mau? Apa? Enggak?! Yaudah lah, lo mending sekarang tutup blog gue terus cuci kaki, cuci tangan kemudian berdoa dan tidur.


Menurut gue, buku Radit yang ini beda dari buku-buku yang gue punya sebelumnya. Yang pertama, ini adalah buku Radit pertama yang gue beli lewat online. Kedua, ini adalah buku Radit pertama yang udah ditanda tanganin sama dia. Yang ketiga, ini adalah buku Radit pertama yang paling tebel.

Gak percaya? Coba aja beli bukunya nanti di toko buku pada tanggal 17 Januari 2015. Dan kalo bisa belinya di Gramedia Matraman karena di hari itu, dia ada Meet N Greet disana. Kalo ada waktu, gue bakal dateng juga kesana. Ya, jadi nanti lo gak ketemu sama Radit doang. Ketemu gue juga, hehe.

Yang pertama gue liat dari buku itu adalah cover-nya. Menurut gue, cover buku itu cukup bagus. Kenapa bagus? Bagus gak butuh alasan, sob. #APASEH

Pokoknya, menurut gue bagus deh. Salah satu alasan gue bagus adalah karena disana ada Radit yang gayanya kayak gembel. Cuma pake kaos, celana pendek terus bawa bambu yang ujungnya ada gulungan sarung berisi pakaian. Jujur, Radit agak ganteng kalo begitu. :D



Di halaman pertama, (kalo buku gue) ada tulisan 'Koala Kumal' yang diatasnya terdapat tanda tangan Radit. *ceritanya sombong*. Dibalik cover, ada kayak ilustrasi yang awalnya dia lagi jalan, terus makin lama bungkuk karena lelah, makin lama duduk, tidur, dan dia menghilang entah kemana. Pembatas bukunya juga keren.

Buku ini terdapat 12 bab diawali dengan 'Daftar isi' kemudian 'Prakata'. Di awal-awal buku ini aja, lo udah bisa dibuat ketawa sama tulisannya karena di 'Prakata' terdapat percakapan Radit dengan nyokapnya yang membuat gue ketawa. Mau tau apa? Makanya beli. :)

Setelah selesai membaca 'Prakata', lo akan dibawa ke bab pertama yaitu 'Ada Jangwe di Kepalaku'. Awalnya, gue gak ngerti Jangwe itu apa, setelah selesai membaca bab ini, gue jadi tau. Terima kasih, Radit. :)

Bab kedua, Radit mengasih tau buat kalian yang mau bikin film 'Ingatlah Ini Sebelum Bikin Film'. Mau tau apa isinya? Mau tau? Yakin mau tau? Makanya beli bukunya kemudian baca bukunya. :)

Kemudian, setelah itu, lo akan membaca cerita Radit yang berpacaran bersama cewek tomboi di 'Balada Lelaki Tomboi'. Cerita disini cukup ngenes karena dia disini lagi berpacaran sama cewek kemudian, baca aja sendiri, ya lanjutannya di bukunya.

Nah, buat lo yang baru aja ditolak cewek atau habis ditolak cewek, dibuku ini ada 'Panduan Cowok dalam Menghadapi Penolakan'. Jadi, di bab ini lo bisa tau tipe-tipe penolakan gimana dan ada bagaimana cara menghadapinya. Mau tau? Makanya baca.

Setelah panduan menghadapi penolakan, dia pun kembali bercerita tentang 'Kucing Story'. Disini, Radit menceritakan kucingnya dan bagaimana dia bersusah payah mencari kucing yang cocok dengannya. Lo mau tau cara mencari kucing yang cocok sama lo? Lo bisa baca bab ini. Dan setelah membaca ini, gue tiba-tiba jadi pengin punya kucing.

Dari cerita tentang kucingnya, dia langsung bercerita tentang dia berkenalan bersama cewek di bab 'LB'. Menurut gue, ini adalah salah satu bab yang paling lucu. Kenapa? Coba aja lo baca. Dan buat lo yang gak tau LB itu apa, bisa baca buku ini. Pokoknya ngakak deh. :D

Bab ketujuh, Radit bercerita ketika dia jatuh cinta diam-diam kepada seseorang wanita atau yang biasa disebut secret adminer. Dia cuma hanya bisa ngeliat wanita yang dia cintai dari jauh tanpa tahu siapa nama wanita itu. Dia pun memberi sebutan untuk wanita itu dengan 'Perempuan Tanpa Nama'.

Setelah itu, terdapat bab yang berjudul 'Menciptakan Miko'. Disini Radit akan menceritakan suka dukanya ketika mengerjakan serial di youtube-nya yaitu 'Malam Minggu Miko'. Disini juga ada adegan lucu ketika dia ajak seorang wanita shooting terus dikira.. Mau tau lanjutannya? Beli bukunya.

'Lebih Seram dari Jurit Malam'. Disini Radit bercerita ketika dia sedang menjadi junior di salah satu eskul terus menjadi senior. Dan ketika junior dan senior, dia selalu mengalami yang namanya jurit malem di Cibubur. Menurut gue, di bab ini lucunya agak kurang sedikit. Jadi, di bab ini gue gak terhibur maksimal.

Bab kesepuluh yaitu 'Patah Hati Terhebat'. Di bab ini , Radit bercerita curhatan temannya yaitu Trisna. Trisna menceritakan patah hati terhebatnya yaitu ketika dia baru berpacaran dengan seorang lelaki, kemudian lelaki itu.. Baca sendiri aja, ya.

Ketika Radit kuliah di Adelaide, dia sedang berpacaran. Radit percaya bahwa mereka berdua bisa saling LDR-an tetapi ceweknya enggak. Ceweknya takut kalo Radit ketemu orang lain. Eh, malah si ceweknya yang ketemu bukannya dia. Radit pun membuat cerita ini di bab sebelum terakhir yaitu 'Aku Ketemu Orang Lain'.

Bab terakhir berjudul 'Koala Kumal'. Disini Radit bercerita bahwa semua orang pasti akan patah hati. Dan inti buku ini adalah buku yang isinya tentang patah hati. Gak percaya? Coba aja beli.

Dari semua buku Raditya Dika, gue paling suka yang ini karena ceritanya cukup seru. Gak bikin bosen. Tapi, ada beberapa kata yang salah di buku ini. Misalkan salah nulis nama. Seharusnya A, eh, malah yang B.

Mungkin ini aja review-nya. Semoga aja penulis buku ini yaitu Raditya Dika baca review gue ini. Dan semoga aja gue di-follback sama dia. Amin. :D

30 comments:

  1. Hahah.. Sombong banget jarang mau follback.. :D

    Uda banyak yang punya bukunya ya. Aku belom beli sih. Kemarenan keabisan yang promo kaosnya. :(

    ReplyDelete
  2. Itu Berenang Ama Personil JKT48 siapa tuh ?? Bukan Nabilah Kan ?! :/

    azizkerenbanget.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. Well, sebelum lo nyuruh orang untuk baca buku, mending lo baca dulu gimana caranya untuk bikin review buku yang benar. Cara nulis review lo kalo gue perhatiin gak berubah sedikit pun. Belajar lagi, ya.

    ReplyDelete
  4. Asik ya punya buku bertandatangan si penulisnya langsung

    ReplyDelete
  5. Saya mah rada kurang suka sama genre ini..heheh, makanya belum ada niatan buat beli bukunya

    ReplyDelete
  6. gue juga punya tuh, koal kumal ber tanda tangan. tadi si niatnya pingin pre order yang berkaus, tapi udah keabisan -__-

    ReplyDelete
  7. Wah asiknya udah punya buku itu. :)

    ReplyDelete
  8. kira2 untungnya apa ya baca buku seperti itu,..

    ReplyDelete
  9. gue juga udah beli yang ada ttd
    niatnya yang plus kaos tp keabisan
    nasib

    ReplyDelete
  10. Gara-gara lo gua pengen cepet-cepet beli tuh buku, Ham. Padahal buku itu belum jadi prioritas gua

    ReplyDelete
  11. Wakakakaka. Masih aja nyuruh follow tapi dia sendiri nggak mau folbek. Mending nggak usah nyuruh follow. :))
    Gue juga udah beli. Seharian doang tamat.

    ReplyDelete
  12. Tentang patah hati yak yang ini, mesti kudu beli nih xD

    Oh iya, lu dapat award nih http://coretanrifqi.blogspot.com/2015/01/my-3rd-4th-and-5th-liebster-award.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus beli lah. :)

      Kalo ada waktu gue jawab.

      Delete
  13. Baru beli kemarin minggu
    Btw, lu dapet Award dari gua nih, cek http://www.robbyharyanto.com/2015/01/1-hari-2-liebster-award.html

    ReplyDelete

Buat kalian yang mau komentar, silahkan saja, mau panjang apa pendek. Kalo lo mau komentar pake anonymous, harap jangan spam. Kasian sama yang lain.

Dan yang terpenting adalah jangan jualan di kotak komentar blog gue, terutama jualan yang gak penting kayak alat vital atau video bokep. Lebih baik elu tulis link blog lo daripada jualan.

Komentar kalian sangat gue butuhkan. So, komen aja yaa. Terima kasih. :)