Satnight ILHM eps. 52: Bikin Buku Ah..


Selamat malam, teman. Apa kabar? Semoga baik-baik saja seperti gue. Oh iya, gimana malam minggu kalian hari ini? Menyenangkan atau kebalikannya, tragis? Gimana? Jawab di comment box di bawah postingan ini, ya. Untuk malam minggu gue sih, seperti biasa aja, nulis.

Ya, akhir-akhir ini, gue lagi fokus sama naskah buku gue. Entah kesambet dari mana, tiba-tiba gue jadi semangat lagi nulis buku setelah semangat gue turun waktu itu karena file naskah gue taruh flashdisk, kemudian, setelah gak dipake selama beberapa hari, flashdisk itu ke format. Padahal, di file naskah itu, naskahnya udah selesai dan tinggal di-edit saja. Tapi, Tuhan berkehendak lain. Ya, mau gimana lagi. Rasanya itu sakit. Banget.

Nah, maka dari itu, gue jadi buat dari awal lagi dan alhamdulillah, sekarang udah sampai bab 7. Gimana? Menurut lo banyak gak? Kira-kira sih baru sampai 35 halaman. Rencananya sih sampai antara 70 halaman dan 80 halaman. Semoga aja sampai. Amin. Kalo enggak, ya, 60 halaman aja cukup.

Seiring gue nulis naskah buku, tiba-tiba, temen gue ajak gue bikin buku. Padahal naskah buku yang sedang gue tulis ini deadline-nya adalah akhir bulan ini. Gue harus bisa. Temen gue yang ajak buku itu namanya adalah Alwin. Ya, pasti dia seneng baca ini karena ada namanya disini.

Nih, Win, gue tulis nama lo di blog gue. Gue share juga deh, Win, blog lo.

Alwin adalah blogger yang nulis di http://alwinja.blogspot.com/. Dia ngajakin gue bikin buku karena entah kesambet dari mana dia pengen punya buku. Mungkin karena kita sekelas dan kita punya blog, dia ajak gue kolaborasi. Karena gue anaknya gak sombong, taat beribadah dan rajin menabung, ajakan itu gue terima.

Tadi siang, gue habis ketemuan sama dia dan nulis beberapa BAB. Rencananya buku gue sama Alwin ini adalah buku yang diterbitkan dengan cara self-publishing. Alasannya sih simple, biar cepet jadi aja karena kalo di penerbit yang bukan self-publishing bisa nunggu minimal 1 - 3 bulan.

Temen gue yang ajakin kolaborasi.

Maka dari itu, dengan self-publishing, gue jadi bekerja banyak. Selain jadi penulis bukunya, gue juga nanti yang akan desain cover buku itu. Intinya, gue banyak bekerja. Alwin juga pasti banyak bekerja. Bekerja untuk mencari dana karena kalo self-publishing kemungkinan besar dana yang dikeluarkan cukup besar.

Mungkin itu aja yang gue kasih tau sedikit tentang gue yang lagi bikin buku. Oh iya, gue mau kasih tau kalo tadi siang gue ke Starbucks Coffe. Dan yang paling penting adalah ini pertama kalinya gue ke Starbucks Coffe. Gue udah bisa dibilang gaul kan, karena udah nongkrong di Starbucks. Iya gak?

Ternyata, nongkrong di Starbucks itu enak. Adem. Apalagi kalo siang-siang. Coba aja. Oh iya, gue bukan promo yak. Ini emang bener. Kenyataannya emang begitu. Apalagi ditambah sama free wifi, enaknya bertambah 100 kali lipat.

Bukti kalo gue ke Starbucks.

Mungkin ini aja yang gue tulis. Ngomong-ngomong, di akhir postingan blog ini, gak selalu ada kalimat keren. Ya, bikin itu ternyata gak semudah yang gue fikirkan.

Oh iya, untuk segmen iReview, bagi kalian yang mau blog-nya gue review atau blog-nya mau nampang di blog gue, tinggal kirim email ke gue aja. Untuk email, bisa kalian lihat di Kontak Ilham yang ada di menubar.

"Orang keren adalah orang yang udah pernah nongkrong di Starbucks Coffe."

21 comments:

  1. wew keren ham, btw itu buku lo ??

    ReplyDelete
  2. beneran nih? keren dong kalau gitu semoga sukses sama buku lo hehe, jadi lagi promosi atau apaan nih ceritanya haha gak perlu pakai bukti gue percaya kok, aha salam kenal, mampir dan follback kalau sempat hhe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Makasih. Aamiin.

      Enggak promosi. Salam kenal. :)

      Delete
  3. berarti elo orang keren ya, ya deh ya deehh haha :D

    ReplyDelete
  4. Sama ni sama gue ham, buku gue juga self-publishing. Udah rampung sih, tinggal nunggu yg mau order aja.

    ReplyDelete
  5. visit back ya..
    www.katamiqhnur.com

    ReplyDelete
  6. Wiiiih semangat ya broo ngerampungin buku nya. Semoga lancar dan banyak yg order. Sukses brooo!

    ReplyDelete
  7. Sial! Gue gak keren. Belom pernah ke Starbucks. Di kota gue belom ada gituan, paling banter coffe tofee doang. -_-

    Oiya semoga buku kalian cepet jadi yo.. Kalo self publishing gitu biasanya berapaan sih? Sejuta dpt berapa buku? :/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, itu cuma becanda doang kok. :D

      Iya, makasih.. Enggak tau. Untuk masalah itu, temen gue yg tau. :)

      Delete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. wah aku nggak setuju sama statement terakhir :
    "Orang keren adalah orang yang udah pernah nongkrong di Starbucks Coffe."
    karena daya beli semua orang belum tentu se-mampu itu. aku pernah ke sana tapi sensasinya biasa aja :D .

    semoga sukses deh buat bukunya n bsk rajin2 promo biar terkenal :D.

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. Apaan nh, berarti aku juga belom keren karna belom pernah ke starbucks-__-

    btw, semoga lancar bang proses nerbitin bukunya. aamiin!

    ReplyDelete

Buat kalian yang mau komentar, silahkan saja, mau panjang apa pendek. Kalo lo mau komentar pake anonymous, harap jangan spam. Kasian sama yang lain.

Dan yang terpenting adalah jangan jualan di kotak komentar blog gue, terutama jualan yang gak penting kayak alat vital atau video bokep. Lebih baik elu tulis link blog lo daripada jualan.

Komentar kalian sangat gue butuhkan. So, komen aja yaa. Terima kasih. :)