UH 1 di SMA

Minggu ini adalah seminggu yang cukup membuat gue ketakutan, panik, kebingungan dan sebagainya. Soalnya seminggu ini, di sekolah gue ada dua ulangan harian pertama. Jujur aja, karena masih baru sekolah di sekolah baru, rasanya kalo mau ulangan itu pasti panik banget. Banyak banget hal yang terlintas di pikiran gue seperti:

"Aduh, nanti ulangan gimana nih? Soalnya kayak gimana?"

"Gue nanti kerja sama sama siapa ya? Kan gue belum kenal banget?"

"Temen gue mau gak ya, gue suruh buka buku?"

"Temen sebangku gue pinter gak ya? Kalo pinter kan lumayan bisa ditanya-tanyain."

Tapi, semua itu hilang ketika gue mulai membuka buku pelajaran yang mau diujikan. Salah satu pelajarannya adalah fisika. Kebetulan, guru fisika gue itu hampir di setiap pertemuan bikin sebuah kuis. Nah, sebelum ulangan dia bilang kalo soalnya dari kuis-kuis itu. Diliat dari nilai kuis sih, nilai gue bener-bener hancur lebur kayak bubur. Paling tinggi aja nilai kuis gue cuma 70. Kecil? Banget.

"Ini adalah kesempatan gue. Gue belajar soal dari kuis aja. Soalnya dia (guru) bilang kalo soal diambil dari kuis," ucap gue kemudian lanjut belajar fisika.
Muka-muka siap ulangan.
Besaran dan satuan, dimensi, awalan dan angka penting menjadi cicipan gue malam itu. Tiba-tiba, gue inget strategi gimana caranya biar materi atau pelajaran itu nyangkut di otak. Belajar pagi pukul 3-an. Soalnya, jam segitu kita baru bangun tidur dan otak masih fresh. Makanya lebih baik belajar jam segitu.

Gue pun langsung menutup buku. Tapi, catatan penting tentang materi yang mau diujikan, gue bawa ke kamar. Sebelum tidur gue baca-baca sedikit. Tidak lupa juga, sebelum tidur gue main 2048. Yaa, itung-itung refreshing sehabis belajar dan sebelum tidur biar nanti gue mimpi indah.

Paginya, alhamdullillah gue bisa bangun. Tepat pukul 3 kurang beberapa menit gue bangun. Gue langsung nyalain komputer dan baca catatan semalem. Gue juga baca-baca kuis. Kalo bosen baca pelajaran, gue main komputer. Kalo udah bosen main komputer, belajar.

***

Guru Fisika langsung membagikan lembar soal. Ternyata sama temen sebangku gue itu soalnya beda. Biasanya gue nyebutnya itu "A B A B". Jadinya selang-seling. Mau nyontek agak susah. Apalagi, guru fisika gue ini adalah salah satu kesiswaan di sekolah. Jadi, kalo ketahuan nyontek pasti masalahnya jadi ribet.

Gue di sekolah duduk di barisan paling belakang dan ada bangku depan yang masih kosong. Biasanya, gue pasti disuruh duduk depan gara-gara kasus hp gue kesita kemarin. Untungnya, yang duduk di barisan belakang ada banyak. Guru fisika gak nyuruh gue sama temen sebangku gue buat ke depan. Tapi nyuruh temen gue yang duduknya sama kayak gue, di barisan paling belakang.

Temen-temen gue udah pada ngerjain. Gue kira ulangan harian kali ini pake lembar jawaban sendiri kayak di SMP. Ternyata enggak. Mungkin karena baru awal-awal masuk sekolah, jadinya gak disuruh dulu. Nanti paling lama-lama juga disuruh.

Soalnya cuma 10 nomor. Tapi, pertanyaannya tiap nomor ada yang dua. Salah satunya adalah "Angka penting terdiri dari? Jelaskan!". Itu ada dua soal, yaitu terdiri apa dan disuruh jelasin. Gue paling males kalo ada soal kayak gitu.

Waktu yang diberikan adalah 45 menit. Menurut gue sih cukup aja, soalnya cuma 10 nomor.

"Yang sudah boleh istirahat duluan," kata guru gue.

Pelajaran fisika itu waktunya kepotong sama jam istirahat. Jadi, sebelum dan sesudah jam istirahat ada pelajaran fisika. Dan istirahatnya pas istirahat siang jam 12. Gue gak buru-buru soalnya gue orangnya kurang teliti. Jadi, harus bener-bener dicek lagi biar dapet nilai memuaskan.

Ketika semua temen gue pada ngumpulin, gue pun ikut ngumpulin juga. Ngumpulin ulangan harian pertama fisika dan kenangan mantan seberat 2,5 kg dibayar tunai. Sah?

***

Selain ulangan harian fisika, gue juga ulangan matematika di minggu ini. Ulangan fisika hari Selasa dan ulangan matematika hari Kamis. Fisika sama matematika, susahan matematika. Eksponen dan Logaritma sukses membuat gue agak bingung. Untungnya ada minuman segar penunda lapar, jadinya gue gak kekurangan cairan oli untuk merawat kendaraan Bokap gue. #abaikan

Fisika sama matematika itu sama. Sama-sama berhitung. Sama-sama jam pelajarannya kepotong sama istirahat. Jadi, pas ulangan matematika, gue liat orang-orang berlalu lalang lewat kelas gue buat istirahat. Sedangkan gue dan temen sekelas gue, masih mumet mikirin soal matematika.

Untungnya, seminggu ini cuma dua pelajaran aja yang diujikan. Coba setiap pelajaran ulangan, mungkin gue akan pindah lagi ke SMP yang letaknya tepat di sebelah SMA gue. Tinggal lompat lewat masjid juga bisa. :D

Sebelum mengakhiri postingan ini, gue mau minta doa sama kalian yang baca ini, semoga aja nilai ulangan harian gue dapet nilai yang memuaskan dan minimal 80. AAMIIN. Bantu doanya ya, teman! :)

Sekian dan terima kasih.

6 comments:

  1. Cieee anak IPA. Mabok rumus dah lu, Ham, selama 3 tahun :D

    Sistem ulangan Fisikanya sama kayak gue, ada tipe soal. Cuma guru gue lebih niat, bikin soal sampe 5 tipe. Amsyongg nggak bisa nyontek. Temen yang setipe jauh semua

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bismillah, gak akan mabok gue. :)

      Buset, itu bener-bener niat banget bro. Sabar yaa. :D

      Delete
  2. Ciee si anak IPA ulangan harian pertama. Kalo aku sih, nggak terlalu bener-bener belajar kalo di sekolah. Soalnya kalo di sekolah, aku ngandelin guru yang ngajar. Jadi sambil diinget. Yaa gitu deh.
    Di sekolah aku nggak ada pelajaran IPA dan IPS, jadi mungkin ke matematika sih, ya. Kalo mtk, aku malah yang keluar pertama. I dunno why.
    Etapi, u serius mau minta didoain dapet nilai 80? Minta kok tanggung. 100 aja atuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo gue belajar di sekolah harus serius. Soalnya tempat utama gue belajar selain dari pengalaman itu yaa di sekolah. :)

      Gue minta nilai yang memuaskan dan minimal 80. :)

      Delete
  3. Duh nilai ulangan fisika pas SMA, selama tiga taun, belum pernah tuh lebih dari 30, hobinya ya remedial pake tugas makalah. Tapi alhamdulillah sih masih hidup sampe sekarang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga gue gak kayak lo ya broo. Aamiin. :) :D

      Becanda broo. Tetep semangat yaa!!! :)

      Delete

Buat kalian yang mau komentar, silahkan saja, mau panjang apa pendek. Kalo lo mau komentar pake anonymous, harap jangan spam. Kasian sama yang lain.

Dan yang terpenting adalah jangan jualan di kotak komentar blog gue, terutama jualan yang gak penting kayak alat vital atau video bokep. Lebih baik elu tulis link blog lo daripada jualan.

Komentar kalian sangat gue butuhkan. So, komen aja yaa. Terima kasih. :)