Ngomongin Sekolah

Tak terasa, waktu berlalu begitu cepat. Gue udah sebulan sekolah pake seragam putih abu-abu. Kenangan bersama putih biru masih teringat jelas di benak gue. Soalnya SMA dan SMP gue cuma dibatesin sama satu tembok yang tingginya kira-kira 1,5 meter.


Setiap gue lagi ke Masjid sekolah, pasti gue bisa ngeliat halaman SMP gue dulu. Kenangan bermain bareng temen-temen masih teringat jelas. Ketika istirahat, menuju ke kantin lewat mana dan mana, masih gue inget.

Salah satu dampak punya SMA yang deket sama SMP itu adalah kita susah untuk ngelupain. Kayak gue. Terkadang kalo lagi belajar, terdengar suara bel istirahat SMP gue. Itu adalah salah satu hal yang membuat gue susah untuk move on dari SMP.

Tapi, punya SMA yang sebelahan sama SMP itu ada beberapa keuntungannya. Mungkin bisa dibilang banyak. Menurut gue, keuntungan yang pertama itu adalah gue tau kapan harus bangun tidur dan berangkat sekolah.

Ya, jadinya gue gak usah ribet lagi nentuin gue harus berangkat jam berapa supaya gak telat ke sekolah. Karena jarak SMA dan SMP cuma sebelahan, jadi waktu yang ditempuh untuk ke SMA, gak beda jauh sama ke SMP.

Waktu di SMP, gue biasanya berangkat pukul 6 pagi. Dan ketika gue berangkat jam segitu, pasti gue dateng kepagian. Awal masuk SMA gue berangkat jam segitu. Gue kira ramai soalnya pasti beda lah SMP dan SMA. Kenyataannya, sama aja. Masih sepi juga.

Gue pun coba berangkat pukul 6 lewat 15. Dan ternyata, itu adalah waktu yang pas untuk gue berangkat ke sekolah. So, seandainya sekolah gue jauh dari SMP. Mungkin gue bingung nentuin waktu berangkat sekolah jam berapa karena jaraknya belum gue hafal.

Yang kedua, gue udah tau jalan tikus untuk ke sekolah. Jakarta itu pasti macet, sob! Yaa, lo tau lah apa penyebabnya. Orang yang gak sabaran adalah penyebabnya. Ketika SMP, gue tau letak kemacetannya dimana dan jalan tikusnya lewat mana. Ketika SMA, gak usah pikir panjang, orang jalannya sama kok kayak ke SMP. Jadinya gue gak usah buang-buang tenaga untuk berfikir lewat mana kah gue supaya gak macet.

Yang ketiga, gue udah kenal sama tukang jajanan di depan sekolah. Dari tukang cimol, cireng, batagor, siomay, pempek, semuanya gue tau soalnya yang jualan sama kayak yang di SMP. Apalagi tukang cireng tuh. Gue udah kenal banget sama dia. Gue minta gratis cireng sama dia mungkin dibolehin asalkan gue harus minum minyak bekas goreng cireng dulu.

Yang keempat, kalo mau reuni di SMP, gue gak usah ribet-ribet ngeluarin ongkos yang banyak. Cukup dengan naik alas kaki aja gue bisa sampe ke SMP. Kayak kemarin pas cap 3 jari, banyak banget temen-temen gue yang ngeluh soalnya jauh dan bingung mau naik apa. Ada yang naik ojek lah, angkot lah, bahkan getek pun ada kayaknya.

Alhasil, temen gue yang naik getek bilang ke gue gini, "Ah lo mah enak. Tinggal ngesot juga bisa!". Rasanya ucapan kayak gitu pengin gue jawab gini, "Kalo tau tinggal ngesot bisa, kenapa lo gak sekolah bareng gue aja, neng/tong?".

Intinya sih di tiap sekolah pasti ada keuntungan dan kerugiannya. Di sekolah gue aja ada kerugiannya. Menurut gue kerugian, tapi menurut Nyokap sama Bokap gue enggak. Kerugian menurut gue adalah peraturan di sekolah gue itu kayak celana legging emak-emak. Ketat banget. Semua guru kayaknya tuh pengin ngehukum muridnya. Gelang gue aja diambil. HP gue aja disita.

Mungkin, itu adalah cara didik sekolah gue agar murid mematuhi peraturan. Kenapa? Supaya nanti Indonesia gak ada yang ngelanggar aturan. Akhirnya, Indonesia pun jadi damai. Rakyatnya sejahtera dan makmur. Presidennya gue. #Lah

"Sekolah itu dimana aja boleh. Asalkan lo berprestasi di sekolah itu, pasti orang tua lo bangga sama lo!" - Ilham Kusumaning


Sumber gambar postingan:

38 comments:

  1. Terkadang belajar bisa dimana saja, tak hanya di sekolahan juga haha

    ReplyDelete
  2. wah sama nih ham. sma gue juga deketan sama smp sekitar 500m lah. ya kalo pulsekolah pas masa masa pingin move on dari smp. sempetin mampir ke kantin smp, soalnya mie ayam sama nasgornya lebih murah, cuma 4ribu ples krupuk

    ReplyDelete
  3. wah...sama smp gw juga deket sama sma gw....jadi gausah ribet2 menyesuaikan diri lagi....

    bener, asal berprestasi pasti bangga deh....bakal seneng ortu ngomongnya kalo ditanya tetangga ato sodara hehe..dmanapuj loe sekolah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi tau jalan pintas kalo gue. :D

      Sipp lah. :)

      Delete
  4. Yah elah kan emang gak boleh bawa hp + pakai gelang di sekolah, itu udah peraturan semua sekolah, tapi kalau di smp lo mungkin itu peralatan gak disita berarti pihak sekolahnya yang gak menaati peraturan, dan kalau di SMA lo barang-barang gitu di sita berarti pihak sekolah sangat tegas untuk mentertibkan peraturan. Gue hanya pengen meluruskan saja. Udah tau itu peraturan dari sekolah knapa masih lo bawa? *Think :D Mohon maaf sebelumnya gue hanya meluruskan :) Tapi gue juga belum tau juga apa alasan logika lo bawa hp dan menggunakan gelang di sekolah? bawa hp sebenarnya boleh, tapi dititipkan ke BK (biasanya buat nelpon orang tua). Kalau mau pakai telepon sekolah juga bisa sebenarnya.
    Pertama mampir kesini, datang yah ke blog gue, menerima kritik, dan saran : dekwidap.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang itu udah menjadi prioritas membawa hp ke sekolah. Gurunya aja bawa, masa muridnya enggak? :)

      Delete
  5. menurut gue nggak enak kalo sekolah SMA deket, lebih enak suasana baru. Di Jakarta macet udah makanan sehari-hari, gue aja berangkat naik angkot jam setengah enam biar ngga kejebak macet. Yang pasti aturan dibuat untuk dipatuhi.

    ReplyDelete
  6. sama kaya yang diatas, menurut gue lebih enak SMA yang letaknay jauh dari SMP biar kita bisa kenal lingkungan baru, suasa baru, jalan tikus baru, penjual cireng baru, dll. Gue dulu waktu SMA berangkat jam 07.15 dan bisa ngejar bel masuk jam 07.30, karna di kota gue gak macet haha. lucky me

    ReplyDelete
  7. Cie cie yang udah pakek putih abu-abu tapi masih ajah susah move on dari putih biru..

    emang sekolah yang deketan itu ada baik ngaknya, kalo gue sih bakal bosen soalnya yaa gitu-gitu mulu, lewat jalan yg sama, ketemu orang yg sama tapi ada juga baiknya, yaa kayag yang kamu jelasin tuh tadi..

    bener kata-kata terakhirmu. sekolah dimanapun ngak masalah, yang penting bisa berprestasi baik akademi maupun non akademik. percuma sekolah jauh-jauh tapi kalo ngak berprestasi. kalo ada yang deket, ngapain pilih yang jauh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cieee. :D

      Iya, bosen. Kayak gue.

      Baah, bener juga nih. :D

      Delete
  8. sebenernya sih enakan kalau jauh dari SMP
    soalnya bisa ngehindari para guru dari SMP. kan gk enak tuh pas di SMA ketemu guru SMP. mereka ntar malah cerita soal ente waktu SMP.

    dan sisi enak ya itu. udah kenal sama yg jualan. bisa ngutang dulu tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener-bener. Gue pernah ketemu sama guru SMP. Untungnya kita cuma saling senyum aja. :D

      Delete
  9. Kok bisa enak gitu ya, ham. Sekolah SMA sama SMP sebelahan. Terus, ada yg pacaran beda tingkat gitu gak? Yakin deh, keknya rame.. :D

    Emang bener ham, kalo di Jakarta gak hafal jalan tikus, malahan kalo gak hafal bisa jadi kerjaan mau ke sekolah jam berapa, sampenya jam berapa...

    Semangat ya buat sekolahnya... biar jadi orang pinter...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya ada deh. :D

      Hehehe, iya.

      Okee, makasih. Aamiin. :)

      Delete
  10. smp gue malah satu gedung sama sma gue. tapi itu tak membuat gue rindu smp.
    karena udah nyaman sama sma, ngapain harus rindu smp... lagian, sma emang lebih anak dari smp. dinikmatin aja..

    ReplyDelete
  11. Selamat menikmati masa-masa SMA *kata-kata yang biasa diucapkan oleh orang yang sudah pernah menikmati masa SMA

    Kalo SMA aku jauh dari SMP ku. Jadi aku harus pdkt lagi sama orang-orang kantinnya. Dan harus bisa ngira-ngira kapan waktu sampai sekolah biar telatnya nggak sampe 30 menit.

    ReplyDelete
  12. bener tuh ham sekolah itu mau di mana juga boleh asalkan prestasinya aja yang harus di pertankan :)

    ReplyDelete
  13. Aku juga emang sempet pengen lanjutin sekolah tetangga SMP. Tapi sayangnya, minat aku ternyata nggak di sana. Enak ya kamu. Yaa flashback mah no prob lah. Ada pelajaran tersendiri.

    ReplyDelete
  14. kata2 trahirnya itu lohh... manteppp... lanjutt....

    ReplyDelete
  15. klo ngomongin sekolah bukannya pelajaran yang jadi topik tapi kelakuan temen yang pada aneh-aneh..

    ReplyDelete
  16. Setuju banget Quote nya hahhaha intinya prestasi

    ReplyDelete
  17. Enak sma lu deket sama smp lu, beda sama gue yang malah arah kebalikan dari arah ke smp. buat ngatur waktu ribet, soalnya naik angkutan umur. macet kadang suka gak diduga :D

    Buat yang di akhir postingan, iyaa itu quotesnya. Keren ham!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah bener. Kadang ada enaknya kadang ada juga gak enaknya smp sama sma deket. :)

      Makasih! :D

      Delete
  18. pasti aja ada yang dikangenin alias nostalgia kalau ngomongin sekolah gitu ... sampe tukang jajanan aja udah hafal .. bakal makin kangen lho nanti kalau udah kuliah :D

    ReplyDelete
  19. Saluut~ betul, tiap sekolah pasti ada positif negatifnya. Baiknya emang belajar bijak aja. Btw, yakin mau minum minyak goreng bekas? hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah benerrr. Ya enggak lah, masa iya mau minum itu. :D

      Delete

Buat kalian yang mau komentar, silahkan saja, mau panjang apa pendek. Kalo lo mau komentar pake anonymous, harap jangan spam. Kasian sama yang lain.

Dan yang terpenting adalah jangan jualan di kotak komentar blog gue, terutama jualan yang gak penting kayak alat vital atau video bokep. Lebih baik elu tulis link blog lo daripada jualan.

Komentar kalian sangat gue butuhkan. So, komen aja yaa. Terima kasih. :)