Resiko dan Tanggung Jawab

Resiko. Setiap perbuatan yang kita lakukan pasti mempunyai resiko. Pasti. Contoh gampangnya adalah ketika kalian lagi makan, resiko yang akan kalian dapatkan adalah kenyang dan kalo kebanyakan nanti resikonya jadi gendut. Pokoknya semua hal yang dilakukan memiliki resiko.

Beberapa hari lalu, gue mendapatkan sebuah cerita resiko dari cerita Nyokap gue. Jadi, Nyokap gue kan seorang pedagang tas-tas ala Ibu-Ibu Gaul gitu, deh. Nah, beberapa waktu yang lalu, barang pesenannya dikirim lewat salah satu agen pengiriman, orang-orang banyak nyebutnya JNE.
Image result for jne
Sumber: Google.

Ketika barang sudah sampai dan diterima, Nyokap gak ngeh tuh kalo barang yang diterima ternyata rusak. Plastik untuk membungkus tas ternyata bolong karena kena knalpot dan tasnya pun ada sedikit warna hitam. Nyokap gue baru sadar ketika kurir sudah pergi. Ia pun langsung mengejar kurir itu dan langsung menanyakan mengapa paket yang diterimanya cacat.

“Wah, maaf, Bu. Karung motor saya emang bolong, Bu. Saya udah bilang ke kantor tapi belum diganti-ganti,” ucapnya dengan nada melas.

Nyokap pun bingung akhirnya meminta untuk diselesaikan secara baik-baik di rumah. Kurir pun ke rumah dan kebetulan di rumah gue ada Bokap. Mereka pun akhirnya berbincang-bincang sekalian nego-nego.

“Jadi, gimana, mas?” tanya Bokap gue.

“Ya sudah, pak, nanti saya ganti. Kira-kira berapa, ya, harganya?” tanya kurir itu.

Setelah disebut berapa harganya, kurir itu pun langsung berkata dan memberikan uang selembar seratus ribu rupiah, “Saya cuma bisa kasih segini, mungkin nanti akan saya kasih lagi pas saya udah gajian.”

“Aduh, saya jadi gak enak, nih, sama mas,” ucap Nyokap yang gak enakan.

“Gak apa-apa, Bu. Emang ini resiko saya. Daripada diurus ke kantor terus nama saya jadi jelek, lebih baik saya selesaiin sekarang aja, Bu,” jawab kurir itu dengan tegar.

Singkat cerita, kurir itu memberikan KTP-nya sebagai jaminan agar orang tua gue percaya bahwa dia akan melunasi ganti rugi. Jujur, tahu cerita ini gue jadi kasian sama kurir JNE-nya. Setiap hari dia nganterin paket-paket, eh, ada aja apes yang diterima.

Pelajaran yang gue ambil adalah ketika lo melakukan sesuatu kesalahan atau kebenaran sekali pun lo harus bertanggung jawab dengan apa yang lo lakukan. Mungkin emang ini adalah resiko menjadi kurir, seharusnya sang kurir mengecek terlebih dahulu kendaraan dan karung yang dibawa sebelum dia pergi mengantar paket.

Intinya sih, semua yang dilakukan pasti beresiko. Kadang resikonya bisa kita hadapi kadang sulit untuk dihadapi. Walaupun sulit, kita tetap harus bertanggung jawab dengan apa yang kita lakukan dan semangat untuk menghadapi resikonya. YUK SEMANGAAATTT!!!!

2 comments:

Buat kalian yang mau komentar, silahkan saja, mau panjang apa pendek. Kalo lo mau komentar pake anonymous, harap jangan spam. Kasian sama yang lain.

Dan yang terpenting adalah jangan jualan di kotak komentar blog gue, terutama jualan yang gak penting kayak alat vital atau video bokep. Lebih baik elu tulis link blog lo daripada jualan.

Komentar kalian sangat gue butuhkan. So, komen aja yaa. Terima kasih. :)