Bagaimana Meminta Ticket Refund Pesawat

Image result for refund ticket
Pict by Google

Bagaimana Meminta Ticket Refund Pesawat—Persiapan sudah matang, tinggal berangkat saja. Eh, tahu-tahu ada hal mendadak yang membuat Anda harus membatalkan tiket pesawat. Kekecewaan tidak hanya bertumpuk pada masalah yang membuat Anda harus membatalkan penerbangan, tetapi juga karena tiket pesawat di tangan Anda sekarang adalah tiket hasil berburu promo. Sudah susah-susah melakukan penghematan, malah akhirnya tidak jadi berangkat. Tentunya ada solusi bagi Anda yang berada di posisi itu. Solusi bijaknya ialah dengan ticket refund. Apa saja prosedur yang harus dilakukan dalam ticket refund
 
Mengapa tiket harus dibatalkan

Tidak hanya Anda yang bisa melakukan pembatalan penerbangan, pihak maskapai juga bisa melakukan hal yang sama dikarenakan perubahan cuaca. Seperti adanya erupsi gunung, badai angin atau penyebab cuaca lain yang harus menghentikan penerbangan karena dirasa membahayakan awak pesawat dan calon penumpang.
Jika Anda yang membatalkan penerbangan, Anda bisa mendapatkan pengembalian uang.  Namun, tidak bisa 100% karena biasanya terkena biaya administrasi. Tetapi jika pihak maskapai penerbangan yang membatalkan, biasanya Anda akan diberikan pilihan. Mau dialihkan untuk penerbangan ulang atau tiketnya dikembalikan dalam bentuk uang.

Cara pembatalan dan meminta ticket refund pesawat

Apabila calon penumpang membeli lewat website maskapai penerbangannya langsung, berarti Anda bisa melakukan ticket refund dengan datang ke maskapai penerbangan yang ada di masing-masing kota. Selain itu, Anda juga bisa menghubungi call center maskapai penerbangan yang biasanya berada di kantor pusat Jakarta.
Namun jika Anda membeli tiket pesawat melalu agen atau jasa tiket pesawat di website tertentu, Anda tinggal menghubungi call center yang bersangkutan. Misalnya agen tiket pesawatnya, agen ini yang akan langsung mengurus dan menghubungi pihak maskapai penerbangannya.

Ketentuan yang harus dilakukan ketika ticket refund pesawat

Pembatalan tiket pesawat oleh maskapai penerbangan, penumpang akan diberikan penggantian uang secara penuh, yaitu 100% sesuai apa yang sudah dibayarkan. Namun jika Anda sendiri yang melakukan pembatalan tiket, maskapai akan menggantinya tergantung dari kapan waktu Anda membatalkan tiket. Penggantian tiket untuk pembatalan selang beberapa jamdari keberangkatan tentunya berbeda dengan pembatalan beberapa hari dari hari-H. Waktu paling aman untukticket refund ini adalah sebelum hari-H keberangkatan, misalnya 48 jam sebelumnya.
Selain waktu pembatalan, hal lain yang memengaruhi kemudahan melakukanticket refund ini adalah tergantung kelas tiket. Ticket refund untuk tiket kelas bisnis atau kelas utama lebih mudah ketimbang kelas ekonomi. Karena ada juga tiket pesawat murah atau promo yang tidak bisa dibatalkan, dengan kata lain tiketnya menjadi hangus.

Prosedur umum ticket refund

Seluruh tiket yang telah terbayarkan oleh penumpang, bisa dilakukan proses ticket refund tetapi biasanya ada syarat yang diberikan, seperti:

·      Tiket yang akan di-refund bukan tiket promo atau yang telah fixed date. Namun ada juga beberapa maskapai penerbangan yang membolehkan ticket refund dengan mengganti uang.

·       Perubahan pada tiket yang telah dibeli calon penumpang masih dalam waktu validasi tiket.

·      Bila terjadi selisih tiket harga lama dan harga yang baru, calon penumpang akan terkena selisih harga tersebut.

·   Akan dikenakan biaya administrasi, jumlahnya tergantung ketentuan maskapai penerbangan masing-masing.

·      Syarat yang lainnya tergantung kebijakan per maskapai penerbangan atau Anda bisa langsung menghubungi call center maskapai yang calon penumpang gunakan. Ada baiknya jika anda, membaca terlebih dahulu ketentuan yang diberlakukan sebuah maskapai penerbangan, agar dilain waktu tahu bagaimana langkah yang harus diambil.


Itulah penjelasan mengenai ticket refund, semoga dapat membantu Anda. 

4 comments:

Buat kalian yang mau komentar, silahkan saja, mau panjang apa pendek. Kalo lo mau komentar pake anonymous, harap jangan spam. Kasian sama yang lain.

Dan yang terpenting adalah jangan jualan di kotak komentar blog gue, terutama jualan yang gak penting kayak alat vital atau video bokep. Lebih baik elu tulis link blog lo daripada jualan.

Komentar kalian sangat gue butuhkan. So, komen aja yaa. Terima kasih. :)