Selamat Hari Buku Nasional

Selamat pagi untuk kamu yang selalu ada di hati. Walaupun selalu ada di hati, tetapi kamu pasti selalu menyakiti. Hari ini adalah hari yang mengesankan bagi perbukuan Indonesia karena hari ini, tanggal 17 Mei, adalah Hari Buku Nasional. So, gue mengucapkan selamat hari buku nasional. Semoga buku dari penulis Indonesia semakin hari semakin keren dan semoga gue bisa menjadi bagian dari penulis buku Indonesia. Aamiin.


Karena sekarang hari buku, gue akan nulis 5 buku yang paling mengesankan yang gue punya. Mau tau kan lo? Apa? Enggak? Yaudah deh, postingan gue selesaiin sampe sini aja. Sekian. :)

Eh, jangan-jangan. Pasti salah satu dari kalian ada yang mau baca. Ya, kalo gak ada yang baca sih gak apa-apa. Biar gue baca aja sendiri. Iya, sendiri. Makan sendiri. Minum sendiri. Nonton sendiri. Nulis sendiri. Baca blog sendiri. Sedih ya? ENGGAK!! :p

Oke-oke. Jujur aja, sedih. Udah-udah, gak usah ngomongin sedih lagi. Udah selesai. Udah. Sekarang, gue mau nulis buku yang paling mengesankan menurut gue. So, don't go anywhere. If you go, I'll be there. #APASEH

Pertama, buku yang paling mengesankan menurut gue adalah beberapa buku Raditya Dika. Kenapa buku Raditya Dika? Ya, karena dia abang gue, pastinya gue sebagai adiknya bilang buku dia mengesankan lah. #BebasHam

Buku Raditya Dika gue bilang mengesankan karena gue mulai suka baca buku sejak baca bukunya dia yang judulnya 'Cinta Brontosaurus'. Jadi waktu itu, gue habis nonton film-nya. Nah, entah kenapa gue jadi pengin baca bukunya. Dan karena itu lah gue sampe sekarang jadi suka baca buku.

Bahkan, sampe-sampe Nyokap gue selalu marahin gue karena selalu beli buku. It's my new hobby. My new hobby is write and read. So, you don't prohibited me, Mom. Makasih Google Translate, udah bantuin gue buat bikin beberapa kata menggunakan Bahasa Inggris sebelum ini. :)

Selain itu, buku Raditya Dika juga ada yang mengesankan. Buku yang baru keluar tuh. Apa namanya, Kumal-kumal gitu? Hmm... Yap, Koala Kumal. Itu bisa dibilang buku yang paling mengesankan menurut gue karena gue punya dua. Ya, dua. Tapi, untuk merasakan berdua gak semudah itu. #APASEH

Buku Koala Kumal yang pertama gue beli dengan PRE ORDER supaya dapet tanda tangan. Eh, waktu itu gue iseng ikutan lomba blog dapet Koala Kumal gratis plus dapet TTD dan kaosnya. Emang deh, rejeki itu gak kemana.

Kedua, buku yang paling mengesankan adalah buku pelajaran sekolah. Gue bilang itu mengesankan karena di sekolah gue, kalo lagi pembagian buku, ngantrinya itu kayak pembagian pacar buat para jomblo. Panjang banget.


Sebentar, emangnya ada ya, pembagian pacar buat jomblo? Gak ada kan? Jomblo itu usaha. Jangan cuma diem doang. Jangan cuma doa doang. Inget itu!! #IlhamGaya

Selain itu, buku pelajaran itu mengesankan menurut gue karena dari buku itu kita bisa mendapatkan ilmu. Menambah wawasan yang kita punya. Yang awalnya kita tidak tahu apa-apa, menjadi tahu apa-apa.

Gue naroh buku ini yang kedua karena tak selamanya.... Jagung itu direbus. Eh, apasih. Karena gue gak sering baca buku pelajaran. Jadi, gue taruh kedua aja. Lagian juga yang pertama aslinya bukan buku Koala Kumal. Yang pertama itu kamu. Iyaa.. Kamuu. #SukaSukaLoHam

Ketiga, buku-buku tips menulis. Salah satunya adalah Creative Writing-nya A.S. Laksana. Menurut gue, ini adalah buku yang bagus banget karena isinya adalah tips dan strategi menulis cerpen dan novel. Pokoknya, ini bisa jadi referensi banget buat lo yang mau jadi penulis beneran.

Salah satunya lagi adalah buku Silabus Menulis Fiksi dari Edi Akhiles. Berkat dua buku itu, gue pernah memenangkan sebuah lomba menulis cerpen dari Diva Press dan cerpennya itu dibukukan. Bayangin bro, dibukukan. So, buat lo yang mau lihat gimana bukunya, bisa lihat aja disini.

Keempat, buku cerita-cerita tentang cinta gitu. Yaa, pasti kalian tau lah, buku kayak gimana. Salah satunya kayak Refrain. Pokoknya, segarang-garangnya gue seperti serigala yang ada di tv, gue masih suka baca buku yang romance gitu.

Selain itu, cerita cinta kayak Relationshit karya Alitt Susanto, Analogi Cinta Berdua karya Dara Prayoga, Back to You karya Dara Prayoga dan lain-lain, gue juga suka. Karena mereka semua pernah merasakan bagaimanakah pahitnya cinta. Dan mereka semua adalah laki-laki. Jadi, yaa, gue kayak ngerasain pengalaman mereka itu adalah pengalaman diri gue sendiri. Walaupun, laki-lakinya gue agak-agak gitu lah. Eh.. :D

Kelima, buku yang paling mengesankan menurut gue adalah Buku Raport Sekolah. Menurut gue itu mengesankan karena dari Buku Raport, kita bisa membahagiakan kedua orang tua kita. Yaa, walaupun gak bahagia banget orang tua kita, yang pasti orang tua kita bangga terhadap nilai raport kita.

Mungkin, menurut gue ini adalah 5 buku yang menurut gue itu paling mengesankan. Nah, gue mau tanya nih sama kalian, buku apa sih yang menurut kalian itu mengesankan? Tulis ya di kotak komentar di bawah ini. Kalo bisa, jangan cuma satu. Dua atau berapa lah gitu. :)

Buat kalian semua, karena sekarang hari buku, buku itu buat dibaca. Jangan cuma buat dibeli, terus difoto, terus di-mention ke penulisnya biar di-retweet dan buku itu gak dibaca. Bukan. Membaca bisa membuat kita jadi tahu apa-apa. Tapi, jangan cuma selalu baca timeline mantan. Baca tuh buku. Banyak kok buku yang bisa bikin lo galau selain timeline mantan. Banyak. :)

Sekali lagi, baca lah sebelum kalian dibaca oleh orang lain. #APASEH

Sekian. :)

Tulisan ini diikutsertakan dalam Best Article Blogger Energy

8 comments:

  1. yang paling gue benci itu buku sekolah.. wkwkwk gak boleh dicoret2, gak boleh dilipet2, dan gak boleh dijual *emangnya mail* wkwkwk :D selamat hai buku nasional *telat mut* :v

    ReplyDelete
  2. hahaa...iya, pilihan buku-buku kamu bener-bener realistis:D itu bisa suka sama buku rapot segala. Buku tabungan nggak disebut?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, makasih. Kan ini yang paling mengesankan. :)

      Delete
  3. pertama, buku-buku raditya dika memang selalu mengesankan untukk gue. apalagi 3 buku terakhirnya yang di terbitin gagas media, itu oke banget deh. dan.... gue setuju banget kalau raport jug ajadi salah satu buku terpenting karena bisa m engmbahagiakan orang tua, itu pun kalau nilainya bagus-bagus :")

    ReplyDelete
  4. blognya keren ka

    mampir-mampirlah ke blog ala-ala gue di www.travellingaddict.com

    ReplyDelete

Buat kalian yang mau komentar, silahkan saja, mau panjang apa pendek. Kalo lo mau komentar pake anonymous, harap jangan spam. Kasian sama yang lain.

Dan yang terpenting adalah jangan jualan di kotak komentar blog gue, terutama jualan yang gak penting kayak alat vital atau video bokep. Lebih baik elu tulis link blog lo daripada jualan.

Komentar kalian sangat gue butuhkan. So, komen aja yaa. Terima kasih. :)