Hambalang Yang Akan Selalu Dikenang

Selamat pagi untuk kamu yang belum gosok gigi. Seperti yang udah gue bilang di postingan sebelum ini, gue akan membuat satu postingan tersendiri ketika gue berada di Hambalang. Tepatnya saat gue perpisahan kelas. Oke, biar gak kepanjangan, gue akan langsung tulis aja.

Sebelumnya, gue mau kasih tau, di Hambalang itu kayak outbond. Jadinya, pokoknya ketika gue kesana, satu hari full outbond. Langsung gue tulis aja ceritanya yak.
Cekibrot!

Selasa, 19 Mei 2015

05:00. Gue udah bangun dari tidur. Gue langsung cuci muka dan sholat Subuh. Setelah selesai sholat, gue pergi ke kasur dan tiduran bentar sambil cek hp, ada pengumuman apakah di hari keberangkatan ini. Setelah gue tanya-tanya, gak ada perubahan. Semuanya tetap.

05:30. Gue pergi ke kamar mandi. Nyari sabun dulu karena takutnya aja kurang. Kan gue mandi sabunannya banyak. Sekalian nyabun gitu, maksudnya nyabunin badan, biar badan gue wangi, soalnya mau pergi jauh. Selain itu, gue membutuhkan sabun yang banyak karena kali ini gue mandi sambil BAB. Ya, pikir aja sendiri gimana rasanya.

05:45. Gue udah selesai mandi, udah pake baju. Pokoknya udah ganteng kata Nyokap gue. Gue langsung menuju ruangan depan buat sarapan. Gue lupa waktu itu gue sarapan apa, pokoknya gue makan nasi biar kenyang dan gak laper-laper.

Setelah selesai makan, minum dan doa, gue langsung cek kembali barang bawaan gue apakah udah cukup atau udah lengkap belum. Kira-kira gue cek 3 kali seperti Sunnah Rosul, melakukan apa-apa 3 kali. Alhamdulillah, barang bawaan gue cukup dan lengkap.

06:15. Gue berangkat dari rumah. Gue berangkat naik motor karena gue tahu, pasti nanti di jalan macet kalo bawa mobil. Ternyata selama di perjalanan, dugaan gue salah. Jalanan bener-bener lancar. Yaa, paling berhenti pas ada angkot naikin atau nurunin penumpang. Itu pun gak terlalu lama.

Setelah gue berfikir kenapa jalanan ini lancar, gue tau jawabannya. Hari itu adalah hari dimana anak SD Ujian Nasional. Hmm... Pantesan aja lancar, orang anak SD 5 per 6-nya pada libur.

06:50. Sesampainya di tempat berkumpul, gue lihat ternyata masih sepi, seperti hati ini. Satu per satu temen gue pun pada berdatangan. Muka temen-temen gue selama liburan bener-bener gak ada bedanya. Yaiyalah, Ham. Kepinteran lu ah!

Karena saling menunggu teman, daripada gak ngapa-ngapain, cuma bolak-balik ke toilet doang buat buang air, mending gue dan temen-temen gue foto dulu. Gue sering foto karena kalo kita lupa sama temen, tinggal kita liat foto, terus inget-inget lagi. That's so simple.

Bikin boyband keren kali yak? Udah berempat nih. :D
07:45. Gue berangkat menuju ke Bogor. Karena bus yang disewakan sama panitia acara itu, kayak metro mini gitu lah, tapi bukan metro mini. Bus angkatan laut. So, jadinya temen-temen gue ada yang berdiri ada yang duduk. Gue pastinya duduk lah, orang temen-temen gue disuruh ke depan, duduk disebelah sopir gak mau, gue aja yang mau. Daripada gak duduk.

09:00. Akhirnya kita semua masuk ke pintu gerbang yang di depannya ada tulisan "Villa Bukit Hambalang". Setelah melalui perjalanan menanjak dan berbelok. Untungnya aja bus yang kita naikin ini kuat. Jujur, ketika di bus gue ketakutan. Takut bus gak kuat buat nanjak. Gue disebelah sopir persis. So, gue jadi bisa ngeliat gimana sopir ngendarain. Dia udah ngegas penuh, eh, ternyata masih pelan juga.

09:05. Sesampainya di tempat, kita semua disuruh berkumpul di... Pokoknya ada tempat luas, kayak aula gitu, yang berhadapan sama kolam renang. Gue anak kampung, yang gak biasa ngeliat kolam renang, jadi pengen langsung nyebur.

Keren, temen gue pada bisa terbang. :D
09:25. Salah satu panitia meminta anak-anak semua untuk mengumpulkan kado. Ya, kita semua nanti bakalan tukeran kado. Seperti yang udah gue bilang, gue waktu itu kadoin satu buah boneka.

09:30. Setelah kado dikumpulkan, ada acara beberapa sambutan dan ada aturan ketika di Hambalang. Peraturannya gak terlalu kayak celana legging sih, gak terlalu ketat. Pokoknya, kita semua harus mengikuti perintah dari panitia di Hambalang.

Gue yang putih, yang lagi diinjek. Lantai.
09:35. Kita semua disuruh ganti baju. Pokoknya, pake baju yang kira-kira bisa dipake buat kotor-kotoran dan basah-basahan. Kalo lo udah baca postingan sebelum ini, pasti lo udah tau, apa yang gue kenakan. Buat lo yang belum baca, baca dulu aja disini.

09:40. Gue makan-makan dikit dulu, biar nanti pada saat game, perut gue gak kosong, dan gak ada yang bunyi selain mulut dan pantat. Kalo pantat gue bunyi, berarti gue kentut. Kalo mulut bunyi, berarti gue lagi ngomong.

09:42. Gue jalan menuju tempat dimulainya permainan.

09:45. Sampai di tempat permainan. Kita semua langsung dilatih permainan otak kanan dan otak kiri. Yaa, pokoknya kayak mainan tepuk tangan tapi dibeda-bedain. Terus nyebut angka dari 1 - 36, setiap ada angka 3, 6, dan 9, kita disuruh nyebut "BUUMM!!".

10:00. Kita semua dibagi menjadi tiga kelompok dan di setiap kelompok harus buat nama dan yel-yel. Waktu itu gue ada di kelompok 2 dan nama kelompok gue adalah Homankyulus. Itu adalah singkatan dari HOre MANtap KYUt dab muLUS. Ya, aneh banget.

12:00. Karena siang, kita semua ISHOMA dulu. Istirahat, sholat dan makan. Jujur aja, di Hambalang ini cukup aneh soalnya mushola berada di bawah sedangkan villa dan yang lain berada di atas. Saran gue sih, seharusnya mushola itu di atas, berdeketan dengan villa. Gak jauh-jauh.

13:00. Gue dan temen-temen gue main futsal dulu, sebelum permainan outbond dimulai lagi. Emang sih, gue gak jago buat main futsal. Bahkan, jarang banget. Tapi, yang penting gue bisa main dan menjebolkan gawang lawan.

Aww... Gue dikejar kamtib. Lariii... :D
Gue yang mau ditendang. Bola.
13:10. Permainan outbond dimulai. Gue gak mau kasih tau permainan apa, pokoknya ini permainan seru-seru deh. Yaa, kali aja lo mau perpisahan kelas atau mau ngapain, Hambalang lah bisa menjadi refrensi. Kelemahan Hambalang adalah jalanannya lumayan jauh dan kecil. Jadi, jangan bawa bus yang terlalu gede. Ketika mau ke Hambalang juga ada jalan yang cukup rusak. Pokoknya, lo kalo mau kesana harus banyak berdoa dan hati-hati.

15:00. Gue akan kasih salah satu permainan. Permainan ini adalah bermain air. Jadi, kalian harus ngeluarin bola yang ada di pipa dengan cara mengisi air ke dalam pipa. Akan tetapi, pipa itu bolong-bolong. Jadinya kita semua harus nutupin semua lubang pipa.

Alhamdulillah, gue dan temen-temen gue gak berhasil. Sehabis itu, kita bermain, melindungi lilin. Jadinya, ada satu lilin yang dibawa satu orang. Nah, anak yang lain harus melindungi lilin itu. Lilin itu dibawa ke lilin yang ditancapkan di ujung lapangan. Kita membawanya kira-kira dari tengah lapangan.

Di perjalanannya, nanti ada panitia yang mengganggu kita dan berusaha untuk mematikan lilin dengan cara melempar air yang sudah terisi di plastik. Alhamdulillah, yang ini berhasil.

15:30. Permainan yang ditunggu-tunggu akhirnya datang juga. Permainan terakhir. Permainannya adalah Paintball. Itu loh, tembak-tembakan gitu. Tapi gak tau, kalo udah ditembak nanti diterima apa enggak. #LAH

Pokoknya, pas permainan ini, gue kayak bener-bener TNI yang mau perang. Sayangnya, baju yang gue pake agak kegedean. Jadinya, agak susah kalo mau jalan. Gak apa-apa lah. Di permainan ini, gue gugur karena peluru gue habis.

Sialnya, pas gue udah angkatan senjata, menyatakan gue udah abis pelurunya, masih aja ada yang nembak gue. Dan yang nembak itu Alwin. What the fuck. Shit. Untung aja gue orangnya sabar, dipanggil ganteng aja gak marah. Gue diemin aja tuh bocah kampret. Pas gue tanya, dia jawab, "Gue sengaja. Habisan kesel banget. Geregetan."

15:50. Gue dan temen-temen gue yang udah main paintball, main futsal lagi. Sebelum main futsal, kita semua main kucing-kucingan. Karena bosan main kucing-kucingan, kita main futsal. Alhamdulillah, gue bisa menjebolkan gawang lawan lagi dan menang lagi.

16:20. Setelah capek main futsal, kami semua langsung berenang. Kebiasaan gue ketika berenang adalah melepas boxer pas udah di dalam kolam. Jadinya, gue cuma pake sempak doang. Nah, kemarin gue melakukan itu dan boxer gue malah dibawa ke atas kolam. Gue mau naik ke atas, malu. Banyak anak cewek yang ngeliatin. Semuanya pada ketawa. Sedangkan gue, ketawa juga lah. Bikin orang bahagia itu bahagia.

16:50. Gue punya alasan buat minta boxer ke temen-temen gue yang iseng. Alasan gue adalah belum Sholat Ashar. Setelah dapet celana, gue langsung ajak temen gue buat Sholat. Tapi, yang mau ikut cuma satu orang aja. Gak apa-apa. Gue ganti baju dulu karena nanti mau renang lagi.

17:00. Seperti biasa, mau sholat harus turun dulu ke mushola. Jujur, perjalanan kali ini agak serem. Tapi, gak serem banget sih. Gue juga ENGGAK TAKUT. Pokokonya suasana agak tegang gitu. Sepi. Gak ada orang. Cuma gue sama temen gue doang berdua. Ya, kayak homo, berdua gitu. Eww... :D

17:15. Gue kembali berenang. Untuk kali ini, gue gak mau lepas boxer dan cuma pake sempak aja. Soalnya kali ini rame yang berenang. Kalo tadi cuma anak cowok aja.

17:45. Semua kamar mandi dipake. Yaa, daripada gue mandi entar-entar, mendingan gue mandi sekalian bareng temen gue. Bayangin aja ya, bayangin. Satu kamar mandi berisi empat orang cowok yang sedang mandi dan salah satunya adalah gue.

Untungnya, kita bermain jujur. Jangan ada yang ngintipin titit orang lain. Cukup titit diri sendiri aja. Lagian juga pas mandi bareng ini, gue pake sempak supaya gak ada yang liat titit gue.

18:10. Setelah selesai mandi bareng, gue bingung mau Sholat Maghrib dimana. Temen gue udah pada ke mushola duluan. Sedangkan, jalan menuju mushola lumayan gelap dan agak seram. Gue pun memutuskan untuk sholat di kamar sendiri.

18:20. Gue tiduran aja di kamar soalnya badan gue pada pegel-pegel. Sedangkan temen-temen gue, pada main domino lah atau cuma nonton TV. Ketika gue lagi tiduran, tiba-tiba temen gue ada yang masuk terus langsung ambil jajanan yang gue bawa dari rumah. Gue kesel? Yaiyalah. Tapi, namanya temen. Senyumin aja lah.

19:00. Temen gue ada yang ngajakin buat Sholat Isya' di mushola. Awalnya gue ragu. Soalnya gue agak-agak takut gitu. Ya, aku laki-laki lemah. :( Tapi, berkat keberanian gue lebih besar daripada ketakutan gue, gue pun berani. Lagian juga, ini rame-rame ke mushola-nya. Kalo sendiri, kayaknya gue takut deh. :D

19:30. Jam makan malam. Gue makan dan makan. Pokoknya makan. Habis itu, dimulai lah permainan lagi. Tapi, sebelum permainan dimulai, ada wali kelas gue dateng. Gue bangga deh punya wali kelas kayak gitu.

Dia masih ngajar di sekolah. Tapi, dia relain waktunya malem-malem dateng kesini. Mungkin, besok dia masih ngajar lagi di sekolah. Demi kita semua, anak dari dia ketika di kelas, dia rela dateng. Wali kelas gue, dateng bareng keluarganya. Dua anak, dua istri. Eh salah. Satu istri lah.

20:00. Setelah ada sambutan dari wali kelas gue dan ada sambutan juga dari panitia, wali kelas gue memutuskan untuk pulang karena besok dia masih ngajar dan katanya salah satu dari anaknya ada yang lagi ujian. Anaknya bukan SD tapi.

Denger sambutan malem-malem
Sebelum wali kelas gue pulang, kita semua take a picture dulu. Setelah selesai foto-foto, wali kelas gue dan keluarganya pamit. Kemudian mereka semua pulang.

20:10. Permainan baru dimulai. Kalo menurut gue sih ini main oper-operan sarung dan oper-operan karet. Kalo yang sarung, kita pegangan sama teman sebelah terus membawa sarung dari ujung ke ujung.

Kalo yang karet, kita pake sedotan. Sedotan itu digigit. Kalo kita asal-asalan main, orang yang sedang mengasih karet dan yang menerima karet, bisa ciuman. :D

20:50. Tukeran kado dimulai. Mata ditutup. Jadinya kita gak bisa liat. Pengambilan dibagi menjadi beberapa ronde. Untung aja gue dapet di ronde pertama. Jadinya kado yang gue pilih masih banyak.

Karena mata ditutup, jadinya gak keliatan apa-apa, sampe-sampe gue kejedot sama temen gue. Bahkan, gue dan temen gue, ada yang ngisengin temen gue yang mau ambil. Seharusnya arahnya ke Utara, badan dia kita balik jadi ke Selatan. Jadinya dia gak bisa ambil kado. :D

Dalam tukeran kado kali ini, gue mendapatkan satu buah tempat pensil "Hello Kitty" dan satu buah buku saku. Lumayan lah bukunya buat nulis laporan perjalanan selama liburan. Sedangkan tempat pensilnya? Gue pake lah. Gak apa-apa. Laki-laki sejati pake tempat pensil Hello Kitty.

Dapet beginian, broh. :D
Entah kenapa, setiap tukeran kado, gue selalu dapet barang-barang cewek. Waktu kelas 7, ketika tukeran kado, gue dapet boneka. Eh, ralat, gak tiap tukeran kado. Pokoknya seringnya gue dapet barang-barang cewek. Kelas 7 boneka, kelas 9 tempat pensil "Hello Kitty". Sedih.

21:10. Karena di kadonya itu harus ada hukumannya, jadi banyak sekali temen-temen gue yang kena hukuman. Untungnya, yang ngasih kado gue baik. Dia tulis di kertas dalam kado, kalo dia baik, gak mau kasih hukuman. #RejekiAnakSoleh

Hukuman yang di dapat ada-ada aja. Ada yang disuruh lari keliling kolam renang. Ada yang disuruh nyanyi. Bahkan, ada yang disuruh nyanyi sambil joget. Pokoknya, lucu-lucu deh hukumannya.

Ada temen gue yang ngasih kado sendal jepit dan hukumannya adalah nyanyi sambil joget dan tepuk tangan. Tapi, tepuk tangannya menggunakan sendal jepit. Sumpah, ini lucu. Kalo lo liat langsung, pasti lucu.

Gue yang terang tuh. Lampu.
 
21:30.

Bersambung...

28 comments:

  1. Wiiih acara lulus"an yah~ sedih karena sedari sd sampai smk lulus"an cuman diadain di sekolah ahahahahhahahah tapi yhaa gimana lagih, disyukuri sajalah~

    Oh iya kak kapan" kalau ada waktu boleh kok mampir ke blog saya (http://sukatahusaya.blogspot.com), ehehehe semoga bermanfaat~ Salam Kancut! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan. Ini acara perpisahan kelas. Bukan lulus-lulusan. :)

      Ya, syukuri hidup. :)

      Delete
  2. Oiyaa ngomongin soal hambalang, gimana nasib kelanjutan kasus hambalang ? sampai sekarang belum tuntas juga -_-

    http://sastraananta.blogspot.com/2015/05/surat-untuk-warung-blogger.html?spref=tw

    ReplyDelete
  3. lengkap amat gan, dah kayak jurnal aja
    kalah ni acara yang di TV-TV.

    Itu enak banget seluruh kelas liburan ke tempat kayak gitu, hadiahnya bagus....ada yang dpet alat make up nggak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya lah, pastinya kalah. :D

      Enggak seluruh kelas, cuma satu kelas. :) Enggak ada lahh. :D

      Delete
  4. Ahahaha gua fokusnya malah ke foto-foto lo. Lo orangnya manja dan ceria banget ya kayaknya

    ReplyDelete
  5. Wahhh, ternyata ini kelanjutan yang kemaren, ya ham. Keknya yang kelihatan paling keren dari yang lain cuma lu, deh ham. Soalnya, cuman lu doang yang pake celana boxer gitu, terus baju dimasukin. yaelah ham. Gue kira itu cabe-cabean junior. XD

    Seru juga acara perpisahan lu, ham. Meskipun harus berpisah, tapikan gak senyesek pisah sama pacarkan?

    Mana itu orangnya rame banget. Kadonya juga keren gitu, ada menara eiffel gitu. Apalagi yang sendal jepit, wisss keren bangetlah...

    Selamat berpisah, ham...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gue pasti keren lah. :D Fak, CABE-CABEAN JUNIOR-__- HAHAHA

      Yaa enggak lah. Beda. :D

      Iyaaa. :)

      Delete
  6. Ini semacam catatan Run Down :D Nice...
    eh kol tau sih aku belum sikat gigi. Hahaha... btw hadiahnya... cucok ya? Terus itu bakal kamu pake? Entar kelas X dapet jepit, XI dapet kalung hati, XII dapet bandana, kuliah dapet pulsa....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thankss.. :)

      Mantan peramal soalnya. :D Pake buat sekolah. :)

      Yaa jangan gitu juga lah hadiahnya. -,-

      Delete
  7. lihat foto terakhirnya nggak kuat, wkwk. Gua kalo tukeran kado nggak pernah ikutan, soalnya gua males beli sama bungkus kadonya. Pengalamannya keren, sangat menarik :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus kuat lah. :D
      Yeeh, dasar pemalas wkwk. Thankss.. :)

      Delete
  8. kalo masalah yang tembakan itu gue gak tau itu lo ham... Soalnya kita kan gapernah ada masalah.. tapi kalo gua tau itu elo sih, gue tembak berkali-kali wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak bakal gua terima tembakan lo win... :(

      Delete
  9. Tau yang gue salut sama postingan ini?

    Detail yang lu tulis, mulai dari jam berapa lo bangun, sampe kalian tukaran kado. Setiap waktunya lo jelasin apa yang lo lakuin. Jadi orang gak banyak bertanya-tanya lagi. Seru banget nih kegiatannya. Walau gue gak baca cerita sebelumnya. Gue jarang promo, jadi ketinggalan begini.

    Kenapa gue jadi berharap perpisahan setelah wisuda nanti seseru ini. Padahal skripsi aja belum ditulis, udah ngomongin wisuda. Untuk kado hello kitty, lo cocok punya itu. Lo kan jadinya bisa curhat sama Hello Kitty.

    BTW, lo udah nembak berapa orang di permainan Paintball?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wohh, makasih banyak broo. :D

      Emang cocok bro, cocok banget lah sama gue tuh Hello Kitty.

      Semua orang gue tembak tapi gak ada yang nerima.. :(

      Delete
  10. Ngakak masaa waktu tukeran kado haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Santai aja ngakaknya, nanti gila aja wkwk

      Delete
  11. Ngakak masaa waktu tukeran kado haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaiyaaa, udah ngakaknya, nanti gila aja.. :D

      Delete
  12. Ngakak masaa waktu tukeran kado haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ngakaknya udah, sampe tiga kali gitu komennya wkwk. :D

      Delete
  13. seru gitu yah acara perpisahan, padahal perpisahan bukan pertemuan. asti bakalan berkesan banget.

    untung lo nggak dapet CDnya cewe ham, kalau dapet mungkin itu bermanfaat buat lo Ham HAHAHA pengganti kalau cd lo basah

    ReplyDelete

Buat kalian yang mau komentar, silahkan saja, mau panjang apa pendek. Kalo lo mau komentar pake anonymous, harap jangan spam. Kasian sama yang lain.

Dan yang terpenting adalah jangan jualan di kotak komentar blog gue, terutama jualan yang gak penting kayak alat vital atau video bokep. Lebih baik elu tulis link blog lo daripada jualan.

Komentar kalian sangat gue butuhkan. So, komen aja yaa. Terima kasih. :)