[Review] SKRIPSHIT - Alitt Susanto (@shitlicious)

Penulis: Alitt Susanto
Tebal: 304 hlm
Penerbit: Bukuné
Harga: Rp41.000,-
Deskripsi:

MAPALA, Mahasiswa Paling Lama. Ya, itu adalah gelar yang melekat di diri gue. Bayangin aja, belasan semester dan ratusan SKS sudah gue jalani dengan status mahasiswa, dan gue belum juga berhasil meraih mimpi memegang ijazah dan memakai toga. Gara-gara status ini pula, gue jadi punya skill tambahan: pintar ngeles. Misalnya ada yang nanya, “Lo kuliah kok gak lulus-lulus? Emang ngambil apa sih?” Gue jawab, “Ngambil hikmahnya….”Atau kalau ada adik-adik angkatan yang masih unyu nanya, “Kakak angkatan berapa?” Gue jawab, “Dua ribu tua….” Tapi sebenarnya, tidak lulus dulu adalah pilihan gue. For your information, gue paling takut dapet gelar “Pengangguran”. Di mata gue, sebutan “Mahasiswa” itu lebih enak didengar daripada “Sarjana Pengangguran”. Ditambah lagi pepatah dari negeri seberang yang selalu terngiang di telinga: “Wisuda adalah pengangguran yang tertunda.”

Oke… itu gue aja sih ngeles….Ini gue, sang Tuna-Wisuda, dan cerita gue tentang bertahan hidup di belantara kampus…

***

Kemarin, hari Senin, 7 April 2014, gue dan temen gue, rencananya mau nonton film. Tapi, menurut gue gak baik kalo ke bioskop gak ke toko buku. Gue juga bingung, kenapa gue begitu. Karena, hampir setiap gue dari bioskop bareng temen gue, pasti deh, gue ke toko buku dulu. Gue masih menanamkan kalimat dari Kevin Anggara di kepala gue. Kalimatnya adalah "Penulis yang baik adalah pembaca yang rakus".

Jadi, kemarin gue ke bioskop deket rumah. Gak deket juga sih, kira-kira kurang lebih 4-5 km. Gue kemarin nonton film Indonesia. Rencanya mau nonton film luar tapi gak ada. Gue nonton film 3600 detik. Loh, kok malah ngomongin film ya, bukan tentang buku. Sudah, ayo kita ngomongin buku.

Sebelum gue nonton film, gue dan temen gue ke toko buku dulu. Gue bingung mau beli buku apa di toko buku. Gue pun pergi ke tumpukan buku yang isinya buku terbitan  Bukuné dan GagasMedia. Kenapa gue milih ke tumpukan buku itu? Karena menurut gue buku terbitan penerbit Bukuné dan GagasMedia itu kebanyakan komedi dan komedinya pake hati. Lumayanlah, buat gue belajar nulis komedi yang lucu tapi pake hati.

Di tumpukan buku itu, gue ngeliat ada buku yang cover-nya itu ada laki-laki yang cuma pake boxer dan baju warna biru lagi megangin rambutnya dan mukanya nunduk menghadap meja serta ada kucing hitam di sebelahnya. Ya.. Buku itu adalah SKRIPSHIT karya Alitt Susanto (@shitlicious). Gue gak nyangka, bisa dapetin tuh buku yang masih baru karena beberapa bulan yang lalu, gue liat buku SKRIPSHIT itu ada tapi udah jelek banget. Kayak buku habis perang melawan penjajah. Udah lecek dan gak ada yang baru. Tapi, kemarin, gue bisa dapet dengan kondisi yang masih mulus.


Dan gue dapet buku itu di cetakan ke lima tahun 2013. Jadi, gue simpulkan bahwa beberapa bulan yang lalu, toko buku itu gak naruh buku SKRIPSHIT yang baru. Mungkin dia taruh di gudang dulu biar buku SKRIPSHIT yang jelek yang gue liat beberapa bulan lalu dibeli sama orang. Saat buku yang jelek, kusut dan udah lecek itu dibeli sama orang lain, baru deh dikeluarin buku yang baru. Mungkin seperti itu menurut gue.
Burem ya? Sorry. :)

Buku ini adalah buku yang sangat bagus. Komedinya juga bagus. Dalam buku ini, kita akan membaca bab-bab pertama komedi. Di akhir-akhir, kalian bisa menghabiskan 1 truk tissue, hehehe gak lah. Di bab akhir-akhir, ada tulisan Alitt tentang cerita dirinya yang dapat terguran dari Tuhan. Kalian bisa tau kenapa pojokan mata Alitt yang sebelah kanan dikasih potongan plester.

Di dalam buku SKRIPSHIT, juga ada beberapa tip dari Alitt untuk kalian semua. Tips-tipsnya ada yang menguntungkan loh. Buat lo yang cupu, mau kenalan sama seseorang tapi malu? Tenang, ada tip-nya disini. Mau kentut di tempat ramai tapi malu? Tenang, ada tip-nya disini. Mau tau, tip-nya apa? Beli bukunya!!

Intinya, di buku ini adalah menceritakan kejadian-kejadian Alitt yang lucu, kocak dan sedih. Awal cerita di buku ini juga bagus. Mau tau ceritanya? Beli bukunya!!

Ending dari buku ini juga bagus. Mau tau, ending-nya seperti apa? Beli bukunya!! Hehehe. Karena gue agak baik, gue kasih deh, sedikit cerita dari ending-nya. Jadi, ending-nya itu tentang skripsi Alitt. Alitt mengerjakan skripsi-nya dari nol lagi karena flashdisk yang isinya ada file skripsi itu, ketinggalan di Warnet dan hilang. Itu kesalahan temannya karena temannya itu sangat teledor. Mau tau ceritanya lebih lanjut? Beli bukunya!!

Di awal-awal halaman, ada "Halaman Persembahan" yang intinya adalah ucapan "Thanks to". Nama lo juga bisa ada loh, di halaman "Thanks to". Iya, nama lo sendiri. Mau tau kenapa bisa? Beli bukunya!!

Gue pribadi, membaca buku ini, hampir di setiap bab ketawa apalagi di bab awal-awal. Lama-kelamaan, ketawanya mulai berhenti dan menjadi sedih di bab-bab terakhir.

Udah ini aja sedikit review tentang buku SKRIPSHIT karya Alitt Susanto (@shitlicious). Mungkin bagi kalian, ada yang bilang, "Telat, ham. Buku ini terbit tahun 2012 dan sekarang 2014!!" Bagi kalian yang bilang begitu, akan gue kasih senyum :) karena lebih baik telat daripada tidak sama sekali. :)

Semoga buku ini banyak yang membeli dan semoga gue bisa nerbitin buku dan buku gue seperti buku SKRIPSHIT ini, Amin. Bantu doa ya, teman!! :)

2 comments:

  1. Dulu pas pertama lihat nyesel deh cuekin buku itu. Sekarang jadi pengen beli, tapi nggak nemuin :|

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sabar ya. Kalo gak ada di toko buku offline, beli di toko buku online aja. Kali aja masih ada di toko buku online. :)

      Delete

Buat kalian yang mau komentar, silahkan saja, mau panjang apa pendek. Kalo lo mau komentar pake anonymous, harap jangan spam. Kasian sama yang lain.

Dan yang terpenting adalah jangan jualan di kotak komentar blog gue, terutama jualan yang gak penting kayak alat vital atau video bokep. Lebih baik elu tulis link blog lo daripada jualan.

Komentar kalian sangat gue butuhkan. So, komen aja yaa. Terima kasih. :)